News

Dahsyatnya Keutamaan Istighfar, dari Pembuka Pintu Rezeki hingga Diterima Taubat

Bahkan Rasulullah SAW yang memiliki sifat maksum saja senantiasa bertaubat kepada-Nya setiap hari.

Featured-Image
Ilustrasi/baznas.jogjakota.go.id

UMAT muslim tentu sudah sangat akrab dengan kalimat istighfar atau ‘Astaghfirullah al-'Adzim’. Istighfar salah satu kalimat istimewa dalam Islam, memiliki keutamaan dan manfaat bagi yang rajin melafalkannya.

Kalimat istighfar berdasarkan Hadist Riwayat Muslim Nomor 591 adalah "Astagfirullah... Astagfirullah" yang artinya "Aku memohon ampun kepada Allah. Aku memohon ampun kepada Allah."

Setiap manusia tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Karena itu, hendaknya kita bertaubat dan memohon ampunan Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW yang memiliki sifat maksum saja senantiasa bertaubat kepada-Nya setiap hari.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Jami'us Sirah mengemukakan bahwa Nabi SAW adalah manusia yang paling banyak taubatnya. Beliau juga adalah manusia yang paling sering beristighfar. Para sahabat mendengar beliau membaca istighfar lebih dari 100 kali dalam sekali duduk.

Dalam sejumlah hadits disebutkan pula kalau Rasul SAW bertaubat dan meminta ampun lebih dari 70 kali atau sebanyak 100 kali setiap harinya.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:


"Wahai manusia, bertaubatlah kalian kepada Allah SWT. Karena sesungguhnya aku (sendiri) bertaubat kepada-Nya sebanyak 100 kali dalam sehari." (HR Ahmad dan Muslim)

Abu Hurairah RA mengatakan, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Demi Allah, sungguh aku beristighfar kepada Allah SWT dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak lebih dari 70 kali.'" (HR Bukhari)


Berikut beberapa keutamaan dan manfaat istighfar kepada Allah, yang disarikan dari detikHikmah dan republika.co.id.

1.    Dibukakan Pintu Rezeki

Mengamalkan kalimat istighfar dapat membuka pintu rezeki seseorang. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Nuh (10-12) yang artinya:

"Maka aku katakan kepada mereka 'mohon ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai."

2. Turunkan Hujan

Selain dapat membuka pintu rezeki, Allah SWT juga berjanji akan mengirimkan hujan kepada umatnya yang mengucap istighfar sebagai kalimat taubat. Dengan hujan, Allah SWT menyuburkan berbagai jenis tanaman dan kebun sebagai makanan.

3. Diterima Taubat

Keutamaan istighfar kepada Allah SWT lainnya adalah menggugurkan dosa dalam taubat. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah S.A.W dalam Hadist Riwayat Bukhari nomor 6307 yang artinya:

"Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali."

4. Menghilangkan Rasa Malas

Rasa malas bisa datang pada siapa saja. Hal ini tentu dapat menghalangi kegiatan seseorang, misalnya dalam beribadah.

Namun, mengucap istighfar dapat menghilangkan rasa malas tersebut. Dalam Hadist Riwayat Muslim nomor 2702, Nabi Muhammad SAW juga bersabda yang artinya:

"Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali."

5. Dimudahkan Segala Urusan

Keutamaan istighfar juga dijanjikan Allah SWT, dapat memberikan jalan keluar dari segala masalah hidup yang terjadi. Kalimat istighfar pun bisa menambah rezeki seseorang.

Dalam Hadist Riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

"Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka."

6. Selalu dalam keberuntungan.

Allah berfirman SWT dalam surat An-Nur sebagai berikut: 

 "... Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." (QS An-Nur ayat 31)

 Nah, dahsyat kan manfaat istighfar. Ayo amalkan.

Editor
Komentar
Banner
Banner