Kalsel

Cuaca Kalsel Pagi Ini: Tanbu, HST hingga Kotabaru dalam Bayang-Bayang Cuaca Buruk

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan lebat berpotensi mengguyur sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan. Yakni, Kabupaten Tanah Bumbu…

Featured-Image
Banjir yang melanda enam desa di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu sudah berangsur surut sejak Minggu (16/5) malam. Foto: H Maruan untuk apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Hujan lebat berpotensi mengguyur sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan. Yakni, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Hulu Sungai Tengah (HST), Tanah laut, hingga Kotabaru.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada pagi hari,” demikian peringatan BMKG hari ini, Senin (17/5).

Tak hanya keempat wilayah rawan banjir tersebut. BMKG juga memprediksi sejumlah wilayah lain bakal diguyur hujan ringan. Mulai dari Banjarbaru, Banjarmasin, Barabai HST, Kandangan Hulu Sungai Selatan, Marabahan, Martapura Banjar, hingga Paringin Balangan

Menginjak siang, hujan sepertinya masih akan bertahan di empat wilayah tersebut. Termasuk Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, hingga Hulu Sungai Selatan.

Siang hari, BMKG memprediksi hujan di Banjarbaru, Banjarmasin, Kandangan HSS, Kotabaru, Martapura, Pelaihari, hingga Rantau bakal disertai petir.

Sekalipun begitu, BMKG memprediksi cuaca kurang bersahabat tersebut takkan bertahan hingga malam hari. Seluruh wilayah Kalimantan diprediksi bebas hujan dari malam hingga memasuki Selasa dini hari.

Adapun suhu udara hari ini tak berbanding jauh dengan hari sebelumnya. Yakni 24 derajat celcius dengan kelembapan 70-95 persen.

Sebelumnya, BNPB melaporkan sebanyak 16 provinsi termasuk Kalsel teridentifikasi pada status 'waspada' terhadap potensi banjir atau banjir bandang yang dipicu oleh hujan lebat.

"Kami mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dalam siaran persnya, baru tadi.



Komentar
Banner
Banner