Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Potensi Air Pasang di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan disertai petir berpotensi melanda seluruh…

Featured-Image
Wilayah terdampak banjir rob atau air pasang akibat fenomena La Nina di Banjarmasin beberapa waktu yang lalu. Foto-dok.apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan disertai petir berpotensi melanda seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Jumat (19/11).

BMKG meminta warga Kalsel untuk mewaspadai potensi angin kencang pada siang dan sore di sejumlah wilayah.

Selain itu BMKG juga minta mewaspadai potensi terjadinya banjir atau air pasang di Kota Banjarmasin.

Terkait kondisi cuaca Kalsel hari ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten/Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Tanah Bumbu dan Kotabaru, serta pada malam hari di wilayah Kabupaten/Kota Banjarmasin, Banjar, Barito Kuala, Tapin dan Kotabaru. Waspada potensi banjir di wilayah Kota Banjarmasin,” demikian peringatan dini BMKG dikutip dalam situs resminya bmkg.go.id, Minggu.

Pada pagi hari, cuaca di 13 kabupaten/kota diperkirakan BMKG umumnya cerah berawan dan berawan.

Memasuki siang dan sore hari, BMKG memprediksi hujan disertai petir melanda hampir seluruh wilayah Kalsel, di antaranya Banjarbaru, Banjarmasin, Batulicin, Kotabaru, Marabahan, Martapura, Pelaihari dan Rantau. Wilayah lainnya diprediksi hujan dengan intensitas ringan.

Menginjak malam hari, cuaca di 13 kabupaten/kota di Kalsel diperkirakan masih hujan dengan intensitas ringan dan 3 wilayah masih berpotensi hujan disertai petir, di antaranya Banjarmasin, Marabahan dan Rantau.

Sementara pada dini hari, Sabtu (20/11), BMKG memprakirakan umumnya cuaca di sejumlah wilayah Kalsel cerah berawan dan hujan dengan intesitas ringan, yakni di antaranya Amuntai, Barabai, Kandangan dan Paringin.

Sedangkan suhu udara berada di kisaran 24-32 derajat celcius dan tingkat kelembapan antara 65-95 persen.

Komentar
Banner
Banner