Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini: Hampir Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Petir

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan disertai petir berpotensi mengguyur hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel),

Featured-Image
Ilustrasi - Hujan disertai petir. Foto: Pixabay.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan disertai petir berpotensi mengguyur hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), pada siang atau sore hari, Kamis (1/12).

BMKG juga meminta warga Kalsel untuk mewaspadai potensi angin kencang pada siang atau sore hari di sejumlah wilayah Kalsel.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini, terkait kondisi cuaca Kalsel hari ini.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/pagi hari di wilayah Kabupaten/Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tabalong, Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut dan pada malam/dini hari di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Tabalong, Balangan dan sekitarnya," demikian peringatan dini BMKG dikutip dalam situs resminya bmkg.go.id, Kamis.

Pada pagi hari, cuaca di 13 kabupaten/kota Kalsel diperkirakan BMKG tidak merata, selain hujan intensitas ringan hingga cuaca berawan menghiasi langit wilayah Banua.

Memasuki siang dan sore hari, BMKG memprediksi cuaca sejumlah wilayah Kalsel hujan dengan intensitas ringan. Kecuali 8 wilayah, di antaranya Banjarbaru, Banjarmasin, Batulicin, Kotabaru, Marabahan, Martapura, Pelaihari dan Rantau berpotensi hujan disertai petir.

Menginjak malam hari, cuaca di seluruh wilayah Kalsel diperkirakan BMKG berawan.

Memasuki dini hari, Jumat (2/12), BMKG memprakirakan cuaca di seluruh wilayah Kalsel kembali tidak merata, hujan intensitas ringan hingga berawan menghiasi wilayah Banua. Sementara 3 wilayah Kalsel diprediksi hujan disertai petir, di antaranya Amuntai, Paringin dan Rantau.

Sementara suhu udara menyelimuti wilayah Kalsel berada di kisaran 23 hingga 31 derajat celcius dan tingkat kelembapan antara 55-95 persen.

Editor


Komentar
Banner
Banner