Tak Berkategori

Ciptakan Tertib Niaga, Disdag Tera Ulang di Semua Pasar di HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Dinas Perdagangan Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerja sama dengan Badan Standarisasi Metrologi Legal (BSML)…

Featured-Image
Tera ulang di Pasar Agrobisnis Taniran HSS. Foto–Dinas Perdagangan for apahabar.com

bakabar.com, KANDANGAN –Dinas Perdagangan Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerja sama dengan Badan Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional III Kalimantan melakukan pengukuran atau tera ulang alat ukur, takaran timbangan dan perlengkapan di semua pasar di Kabupaten setempat.

Kepala Dinas Perdagangan HSS, HM Sufianimelalui Kepala Bidang Perdagangan, M Afif Bizri mengatakanKabupaten HSS sendiri memiliki 14 pasar yang sudah ditetapkan sebagai pasar tertib ukur oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Dengan semakin banyak pasar tertib ukur dan daerah tertib ukur, diharapkan mampu meningkatkan perlindungan terhadap kepentingan umum konsumen atas jaminan kebenaran hasil pengukuran dalam transaksi perdagangan.

"Sedangkan tujuan utama daerah tertib ukur adalah terciptanya tatanan masyarakat yang adil dan sejahtera," kata Afif

Afif menjelaskan bahwa tera ulang alat ukur, takaran timbangan dan perlengkapannya ini dijadwalkan dilakukan selama tiga bulan.

"Tahun ini dijadwalkan sejak bulan Juni sampai Agustus nanti," ujarnya.

Menurutnya Tera ulang dilakukan selama seminggu penuh secara bergantian menyasar seluruh pasar yang ada di daerah ini.

"Beberapa tempat transaksi seperti SPBU, jasa pengiriman mulai kantor Pos sampai penggilingan padi juga dilakukan tera ulang," katanya.

Pelaksanaan tera ulang, jelasnya, dilakukan setiap tahun supaya konsumen tidak dirugikan pelaku pasar dan konsumen mendapatkan ketepatan ukuran porsi resmi dan perlindungan. Serta memastikan alat takar ukur dan timbangan digunakan adalah benar.

"Sehingga tercipta kondisi tertib niaga," tutur Afif.

Bukti komitmen tersebut, sebelumnya Pemkab HSS pada Senin (29/7/2019) dilakukan Penandatanganan Komitmen Kerja dalam rangka mendukung Kabupaten HSS Sebagai Daerah Tertib Ukur 2019.

"Itu sebagai tindak lanjut penandatanganan komitmen kerja dengan Kementerian Perdagangan di Bandung pada Maret 2019 lalu," katanya.

Adapun yang melakukan penandatanganan komitmen kerja disaksikan oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad yakni dengan PT. PLN Cabang Kandangan, Direktur PDAM Kabupaten HSS, Kepala Kantor Pos Kabupaten HSS, Perum Bulog Sub Divre Barabai, pimpinan JNE Express Kandangan, Pimpinan J&T Express Kandangan, pimpinan TIKI Kandangan dan Kepala Pegadaian HSS sudah sepakat di akhir 2019, memulai kegiatan tertib ukur dan penilaian akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Ubah Penampilan Pasar Beras, Pemko Anggarkan Rp13 Milyar Pembebasan Lahan

Baca Juga: Disperindagsar Barut Programkan Pasar Sehat

Reporter: Simah
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner