Cek Fakta

[CEK FAKTA] Viral di Media Sosial, Benarkah Rusa Bisa Makan Ular?

Rusa sejatinya adalah pemakan tumbuhan. Namun, bagaimana jadinya kalau hewan tersebut kedapatan memakan ular?

Featured-Image
Video yang menarasikan rusa sedang memangsa ular (Foto: Facebook/The Bearded Bowman)

bakabar.com, JAKARTA - Rusa sejatinya adalah pemakan tumbuhan. Namun, bagaimana jadinya kalau hewan tersebut kedapatan memakan ular? Meski terdengar tidak masuk akal, kejadian itu terabadikan dalam sebuah video yang viral di media sosial.

Adalah The Bearded Bowman, akun Facebook yang kali pertama mengunggah konten tersebut pada Minggu (11/6) lalu. Video berdurasi 21 detik itu memperlihatkan seekor rusa yang sedang mengunyah ular kecil. 

Sang pengunggah juga menambahkan keterangan, “Deer eating a snake? Must have needed some protein.”

Hingga tulisan ini dibuat, konten itu disukai lebih dari 253 ribu orang, mendapat 24 ribu komentar, dan dibagikan sebanyak 196 ribu kali.

Lantas, benarkah rusa, yang notabene hewan herbivora, mengonsumsi daging?

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, tak sedikit warganet yang memberikan pendapat lain di kolom komentar. Beberapa di antaranya menyebut rusa bukannya memakan ular, melainkan berusaha melepaskan rahangnya dari gigitan hewan melata itu.

It looks like the snake bit him, and the deer has been chewing on it,” begitu komentar salah seorang warganet yang disetujui ratusan pengguna lain. Pendapat senada disampaikan oleh Pemerhati Satwa Liar Universitas Airlangga, Boedi Setiawan.

Menurutnya, video yang viral di media sosial memberi kesan seolah-olah rusa memakan ular.

Tapi, bila dicermati lebih saksama, rusa tersebut kemungkinan digigit ular di bagian mulutnya ketika sedang makan rumput.

“Rusa berusaha melepaskan dengan gerakan ruminasi atau mengunyah-ngunyah supaya lepas dari gigitan ular tersebut. Itu kan hanya cuplikan saja. Kalau lebih lama lagi, bisa lebih jelas apa yang terjadi," jelas Boedi, dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/6).

Dia menilai rusa tidak mungkin memangsa ular, mengingat hewan melata itu memiliki bisa yang mungkin saja membahayakan.

Kalau pun ular yang dikunyah berukuran kecil juga tidak berbisa, rusa membunuh ular hanya sebagai bentuk pertahanan diri.

“Bisa juga usaha pertahanan tubuh untuk melawan ular tersebut dengan menggigit tubuh ular yang sudah menggigitnya,” ujar Boedi.

Sementara, Spesialis Alam dan Margasatwa asal New York, Zack DeAngelis, tidak menampik kemungkinan rusa memakan daging. Biasanya, ini terjadi ketika hewan herbivora kekurangan mineral tertentu.

Fenomena di mana rusa memangsa hewan lain, kata Zack, lazimnya terjadi saat musim dingin. Hal itu terjadi karena mineral yang dibutuhkan rusa tidak tersedia, mengingat banyak tumbuhan yang mati di musim tersebut.

“Musim dingin adalah waktu yang sangat sulit bagi rusa. Jika mereka kebetulan menemukan hewan yang mati, mereka mungkin akan memakannya karena kandungan kalori dan kalsium,” terang Zack, dikutip dari Pest Pointer.

Sebagaimana penjelasan Zack, hewan yang dikonsumsi rusa umumnya kemungkinan besar sudah mati, sedang terluka, sangat muda, atau sangat tua. Mustahil rusa menerkam mangsa dan menjatuhkannya sendiri.

Dengan kata lain, narasi yang mengatakan rusa memakan ular kemungkinan besar tidak benar. Ular itu terlihat menggeliat, sementara rusa hanya akan mengonsumsi hewan yang sudah mati.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan rusa memakan ular masih diragukan. Mengingat durasi video itu terbatas, tidak jelas apakah rusa tersebut sedang memangsa ular atau malah tengah berusaha melepaskan gigitan ular.

Editor


Komentar
Banner
Banner