Kalsel

Cegah Karhutla, Polsek Simpang Empat Laksanakan Patroli Gabungan Tentukan Sumber Air

apahabar.com, MARTAPURA – Menghadapi musim kemarau, Anggota Polsek Simpang Empat semakin gencar melakukan upaya pencegahan terjadinya…

Featured-Image
Anggota Polsek Simpang Empat bersama dengan TNI dan Manggala Agni serta Masyarakat Peduli Api melakukan Pengecekan Titik Sumber Air di Kecamatan Simpang Empat.Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA - Menghadapi musim kemarau, Anggota Polsek Simpang Empat semakin gencar melakukan upaya pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Hukum (Wilkum) Polsek Simpang Empat dengan melakukan pencarian titik sumber air pada Minggu (21/7/2019).

Kegiatan Patroli Gabungan tersebut dilakukan Polsek Simpang Empat bersama dengan TNI, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Taufik mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menentukan koordinat lokasi rawan Karhutla sekaligus menemukan lokasi sumber air yang dapat digunakan untuk memadamkan api apabila terjadi Karhutla.

"Jadi, upaya antisipasi yang kita lakukan untuk mencegah Karhutla di Wilayah Hukum Simpang Empat adalah dengan melakukan pengecekan sumber air dan juga menentukan koordinat lokasi rawan Karhutla agar kita tidak sulit apabila bencana tersebut terjadi," ujar Bripka Taufik.

Selain itu, Patroli Gabungan itu juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara penanggulangan Karhutla di wilayah hukum Polsek Simpang Empat.

Bripka Taufik mengatakan, sosialisasi tersebut untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan sehingga udara menjadi sehat dan bersih.

"Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam pencegahan terjadinya Karhutla di Wilkum Simpang Empat," kata Taufik.

Dalam Kesempatan yang sama, Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete, melalui Kapolsek Simpang Empat, Iptu Endris Ary Dinindra menuturkan, "Patroli terpadu yang rutin dilaksanakan Polsek Simpang Empat bersama TNI, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api bertujuan untuk mencegah terjadinya Karhutla serta untuk memetakan daerah rawan Karhutla dan juga menemukan lokasi sumber air hingga melakukan pemadaman saat terjadi Karhutla."

Baca Juga: Karhutla di Kalteng Terus Meluas, Kabut Asap Mulai Mengancam Kesehatan

Baca Juga:Kalsel Darurat Karhutla, Sanksi Lebih Berat Menanti Pembuka Lahan Komersil

Baca Juga:4 Warga Kuin Kecil Bahagia, Rumah Mereka Dibedah Satgas TMMD

Baca Juga:Bikin Heboh, Artis Ibu Kota Ini Syuting di Pasar Terapung

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner