Nasional

Cegah Banjir hingga Wabah Penyakit, Kodim 1002/HST Gelar Karya Bakti

Karya bakti dilakukan dengan pembersihan sungai di Desa Kadundung, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) dan pembersihan Pasar Keramat Barabai.

Featured-Image
Kodim 1002/HST gelar karya bakti cegah banjir dan timbulnya wabah penyakit. Foto-Dok Kodim/1002 HST

bakabar.com, BARABAI - Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan karya bakti antisipasi terjadinya banjir dan timbulnya wabah penyakit di tengah masyarakat, Jumat (8/12/23).

Karya bakti dilakukan dengan pembersihan sungai di Desa Kadundung, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) dan pembersihan Pasar Keramat Barabai.

"Karya bakti yang dilaksanakan Kodim 1002/HST ini merupakan arahan langsung dari Panglima TNI, Jendral TNI Agus Subiyanto, agar Kodim diseluruh Indonesia untuk melaksanakan pembersihan di wilayahnya," jelas Dandim 1002/HST, Letkol Inf Fery Perbawa.

Ia mengatakan dengan kondisi cuaca yang saat ini sudah memasuki musim penghujan, diperlukan berbagai langkah untuk mencegah terjadinya banjir dan timbulnya penyakit.

"Salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pembersihan di wilayah sungai dan pasar agar tidak terjadi penumpukan sampah," jelasnya.

Seperti diketahui bersama pada tahun 2021, Kabupaten HST pernah dilanda banjir bandang yang sangat dahsyat.

"Kita tidak mau kejadian seperti itu terulang kembali. Oleh sebab itu, harus dilakukan antisipasi," tuturnya.

Kegiatan karya bakti ini, kata dia, juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Koramil di Kabupaten HST.

"Selain melakukan pembersihan sungai dan pasar, kami juga melaksanakan penanaman 200 pohon di Desa Bulayak Kecamatan Hantakan," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner