Tak Berkategori

Catatan Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel Jelang Arus Mudik 2019

apahabar.com, BANJARMASIN – Kombes Pol Muji Ediyanto memastikan, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel siap mengamankan arus…

Featured-Image
Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

bakabar.com, BANJARMASIN – Kombes Pol Muji Ediyanto memastikan, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel siap mengamankan arus mudik dan libur panjang lebaran 2019.

Di sisi lain, Muji memberikan sejumlah catatan bagi pengendara untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas atau laka lantas.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan, seperti survei jalur maupun rapat koordinasi lintas sektoral," kata Kombes Pol Muji Ediyanto kepada bakabar.com di ruang kerjanya, Kamis (23/5).

Soal titik rawan, jalur darat yang berbatasan dengan Kaltim dan Kalteng paling menjadi perhatian. Selain akibat kelalaian pengendara dan makin padatnya lalu lintas, kerusakan dan perbaikan jalan di sejumlah titik juga harus diwaspadai.

"Jalan nasional tersebut merupakan salah satu titik rawan macet saat arus mudik karena jalannya sempit," tutur Muji.

Menurut Muji, kondisi jalan bergelombang dan berlubang juga masih banyak ditemukan di jalur menuju ke Kotabaru maupun ke Tabalong. Selain bergelombang, di jalan tersebut juga rawan terjadi kemacetan.

"Kita sudah meminta kepada pihak perawatan dan perbaikan jalan nasional untuk segera memperbaiki jalan berlobang tersebut. Bahaya bagi pengendara yang tidak hafal medan jalan,” terangnya.

Kemudian, imbuh Muji, beberapa ruas jalan yang berpotensi menyebabkan terjadinya laka berada di kawasan Barabai HST, di lokasi itu banyak ditemukan tikungan yang cukup tajam. Sementara untuk kawasan wisata Loksado tak luput dari perhatian polisi.

"Tanjakan di Loksado ini cukup tajam, tanjakan seperti ini berakibat fatal terutama bagi pengendara roda empat. Ini kalau tanjakan cukup tajam biasanya yang kena kampas rem dan kampas kopling. Oleh karenanya bengkel rujukan wajib ada di sekitar lokasi tersebut," sebut Muji.

Muji menambahkan, untuk pengamanan arus mudik secara umum akan dilaksanakan melalui Operasi Ketupat Intan 2019 yang akan dimulai dengan apel gelar pasukan pada 28 Mei nanti. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan.

“Kami berharap masyarakat juga mendukung dan menciptakan keamanan dan ketertiban agar arus mudik berjalan aman dan lancar. Bagi pemudik harap mengantisipasi apabila kondisi lingkungan dan cuaca yang kurang bersahabat atau kurang baik. Sehingga dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas selama dalam perjalanan," ujarnya mengakhiri.

Baca Juga: Operasi Ketupat Polda Kalsel Digelar Minggu Depan

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz F

Komentar
Banner
Banner