Kalsel

Catat, Belasan Kios Pasar Kuripan Banjarmasin Dibongkar Besok

apahabar.com, BANJARMASIN – Belasan kios yang berada di kawasan Pasar Kuripan Banjarmasin akan segera dibongkar. Pembongkaran…

Featured-Image
Kondisi pasar Kuripan Banjarmasin yang digenangi air. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Belasan kios yang berada di kawasan Pasar Kuripan Banjarmasin akan segera dibongkar.

Pembongkaran akan dijadwalkan pada Sabtu (23/1) malam besok.

Kabid PSDP pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin, Ichrom M Tezar menyebutkan ada 14 kios dibongkar.

“Kita sudah melakukan rapat bersama pemilik kios. Dua yang tidak hadir kami anggap setuju. Dan intinya semua sepakat. Ada 14 buah kios yang bakal dibongkar,” ucap Tezar kepada bakabar.com, Jumat (22/1/2021).

Dari hasil rapat tersebut, ia mengingatkan seluruh pemilik kios diberikan waktu sampai pukul 16.00 WITA besok sore untuk memindahkan barang-barangnya.

Sebagai bentuk kompensasi, Pemko Banjarmasin menyediakan sebanyak 14 kios di pasar kuripan lantai dasar untuk mereka tempati dan wajib membayar retribusi.

Kios yang dibongkar itu adalah bangunan yang sudah lama, tidak ada aktivitas perdagangannya.

Disamping itu pemilik sudah tidak membayar retribusi bertahun-tahun.

“Sesuai Perda, itu boleh diambil kembali oleh Pemko. Selesai rapat pemilik kios juga langsung melakukan pengundian kios. Bagi penyewa silahkan menghubungi pemilik toko untuk sewa ulang,” ucapnya lagi.

Tezar menyebutkan bangunan itu berdiri di atas bantaran sungai. Keberadaannya dianggap sebagai biang mampetnya aliran sungai Veteran Banjarmasin.

Tak ayal saat ini, membuat kawasan tersebut banjir berhari-hari, bahkan sudan sepekan lebih.

Tezar pun berharap, setelah belasan kios itu dibongkar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bisa melakukan penataan Sungai Veteran dengan baik dan indah.

Sehingga nantinya bisa memperlancar pembuangan air yang tergenang.

Selain itu dengan anggaran yang tersedia, pihaknya juga akan berupaya membuat sesuatu yang bisa menunjang keindahan Sungai Veteran.

“Kita harap tidak adalagi nantinya bangunan-bangunan di atas bantaran sungai, yang membuat saluran tersumbat,” tutupnya.

Komentar
Banner
Banner