Kalsel

Cara Paman Birin Bagi-bagi Sapi, Kepala Dusun Harus Adu Suit  

apahabar.com, PELAIHARI – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melakukan Halal Bihalal  dengan para Camat, Kepala…

Featured-Image
Kepala Dusun dan Desa adu suit di depan Paman Birin. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melakukan Halal Bihalal dengan para Camat, Kepala Desa/ Lurah, Ketua Dusun/ RT, Ketua RW se Kabupaten Tanah Laut (Tala) di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (02/07).

Dalam acara halal bihalal tersebut turut berhadir Bupati Tala, H Sukamta dan Wabup Tala, Abdi Rahman serta seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) Tala.

Baca Juga: PPDB SMP di Banjarmasin Kekurangan Pendaftar, Ramai-Ramai Menjerit!

Selain bersilaturahmi dengan para camat, kepala desa/lurah, ketua dusun/RT, Ketua RW se Kabupaten Tala, gubernur yang akrab disapa Paman Birin juga membagikan sepuluh ekor sapi untuk 5 orang kepala dusun/RT dan 5 orang Kepala Desa.

Namun sapi gratis tersebut tidak langsung didapat oleh para Kepala Desa dan Dusun, Paman Birin terlebih dahulu meminta 10 orang Kepala Desa dan 10 orang Kepala Dusun/RT untuk maju. Lantas mereka beradu suit (bapingsut), 10 pemenang berhak mendapatkan sapi gratis.

“Saya akan memberikan sapi 10 ekor untuk para Kepala desa dan Ketua Dusun/RT, nanti akan kami kirim sapinya saat Hari Raya Idul Adha, agar bisa digunakan untuk berkorban,” ujarnya.

Orang nomor satu di Provinsi Kalsel tersebut melantunkan sebuah Pantun, 'Ke Pelaihari memetik jagung, Jagung dibakar dimakan bersama-sama, mudahan hadirin berataan menjadi orang yang beruntung, supaya rakyatnya jadi sejahtera'.

Baca Juga: Belum Bersepakat, Pemindahan Pedagang Konveksi Ditunda

Gubernur Kalsel juga mengatakan bahwa Kabupaten Tala adalah salah satu kabupaten yang paling strategis di Kalsel. “Kalau Tala sejahtera maka Kalsel juga pasti sejahtera, tadi kami ngobrol dengan Bupati dan Wakil saat ini mereka (Tala) mengembangkan peternakan di lahan bekas pertambangan,” ujarnya.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa hal tersebut adalah langkah luar biasa dimana dengan cara itu Kabupaten Tala diharapkan dapat mengirim hasil peternakan ke Jawa Timur atau Jakarta.

“Kalau hal tersebut terus dikembangkan kemungkinan bisa kita kirim keluar pulau seperti Jawa Timur dan Jakarta, saat ini baru Kabupaten Tala yang melakukan hal ini, saya harap di seluruh Kalsel menerapkan apa yang sudah dilakukan Kabupaten ini yaitu memanfaatkan lahan bekas pertambangan menjadi peternakan” tuturnya.

Sementara itu Bupati Tala Sukamta mengatakan bahwa pihaknya sangat beruntung karena seluruh Camat, Kepala Desa/ Lurah, Ketua Dusun/ RT, Ketua RW se Kabupaten Tala dikumpulkan untuik bersilaturahmi dengan Gubernur Kalsel.

Baca Juga: Evaluasi PPDB Banjarmasin, Komisi IV: Tidak Lebih Baik dari Tahun Lalu

“Kita adalah Kabupaten pertama yang seluruh Camat, Kepala Desa/ Lurah, Ketua Dusun/ RT, Ketua RW melakukan halal bihalal langsung dengan pak Gubernur,” ujar Sukamta.

Sementara itu mengenai penggunaan lahan bekas pertambangan menjadi lahan peternakan sapi, Bupati Tala Sukamta mengatakan bahwa biasanya lahan bekas pertambangan diserahkan pada negara.

“Maka kami meminta untuk diserahkan ke Pemkab Tala saja, sehingga nanti kita jadikan kandang sapi yang akan kita kelola, kita saat ini melakukan pilot project dengan salah satu perusahaan,” ujarnya.

“Ini percontohan apabila Tala sukses nanti mungkin Pemprov Kalsel membuat Perda tentang lahan bekas pertambangan yang akan dijadikan peternakan,” tutupnya.

Baca Juga: Hari Kedua PPDB Online SMAN di Banjarmasin Diwarnai Tangisan Orang Tua

Reporter: AHC14
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner