Cara Memilih Terasi

Cara Memilih Terasi yang Baik sebelum Diolah Jadi Sajian Lezat

Terasi merupakan salah satu bahan masakan yang digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan.

Featured-Image
Tips memilih terasi yang baik (Foto: dok. TangerangId)

bakabar.com, JAKARTA - Aroma terasi yang menguar dari dapur membuat orang mudah menebak sajian apa yang sedang diolah. Kekhasan bau dari bumbu ini memang punya daya pikat tersendiri bagi pecinta kuliner nusantara.

Sebab, sejatinya terasi jadi salah satu bahan masakan yang digunakan untuk menambah cita rasa.

Fermentasi udang atau ikan ini kerap melengkapi pembuatan sambal atau jenis masakan lainnya. Bahkan tak jarang banyak orang yang merasa kurang lengkap kalau makan tanpa kehadiran sambal.

Untuk itu, pemilihan terasi dengan kualitas yang baik merupakan hal penting karena sangat mempengaruhi rasa masakan yang hendak disajikan.

Ciri-ciri terasi dengan kualitas yang baik diantaranya memiliki aroma yang segar, aroma udang terasa, warnanya terlihat alami.

Berikut tips dalam memilih terasi dengan kualitas baik:

1. Pengemasan terasi

Saat Anda membeli terasi, pastikan kemasannya tidak ada yang robek atau berlubang. Kemasan terasi yang sudah rusak berpotensi besar membuat kuman dan bakteri masuk sehingga mempengaruhi kualitasnya.

2. Aroma terasi

Selain dari pengemasan, anda dapat menilai kualitas dari aromanya. Rata-rata terasi memiliki aroma yang tajam, namun aroma terasi yang memiliki kualitas baik biasanya lebih segar dan tidak terlalu menyengat.

Jika aromanya sangat menyengat, biasanya terasi tersebut terbuat dari udang yang sudah tidak segar. Dari segi bahan sudah tidak segar, maka sudah dipastikan bahwa kualitasnya pun sangat meragukan untuk diolah.

3. Warna

Warna terasi yang memiliki kualitas baik biasanya berwarna coklat kehitaman, dan tidak kusam. Jika menemukan terasi dengan warna yang mencolok, Anda harus waspada.

Warna yang mencolok menandakan tambahan zat perwarna. Padahal penambahan zat tersebut tidak aman bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus.

4. Tekstur

Terasi yang baik biasanya teksturnya tidak keras dan tidak juga terlalu lembek. Selain itu terasi yang berkualitas biasanya kering dan tidak basah.

Terasi yang basah akan dengan mudah terinfeksi jamur. Pastikan anda memilih terasi yang kering dan memiliki tekstur yang pas.

Itulah beberap tips dalam memilih terasi dengan tepat, agar Anda tidak salah mengolahnya untuk menjadi sajian yang lezat. Selamat mencoba, ya!

Editor


Komentar
Banner
Banner