Pemkab Tanah Laut

Bupati Sukamta Sampaikan Isu Daerah pada Rakerwil APKASI di Banjarmasin

Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta menyuarakan sejumlah isu daerah yang perlu diperhatikan saat Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) APKASI Kalsel di Banjarmasin

Featured-Image
Bupati Tala HM Sukamta bawa isu daerah di Rakerwil APKASI di Banjarmasin, Senin ( 19/6/2023). Foto-Diskominfo Tala

bakabar.com, PELAIHARI - Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta menyuarakan sejumlah isu daerah yang perlu diperhatikan saat Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Banjarmasin, Senin (19/6/2023).

Bupati Sukamta selaku Koordinator Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) APKASI mengungkapkan, bahwa terdapat beberapa isu strategis di antaranya adalah bagaimana cara membangun kekuatan ekonomi di Kalsel, sehingga kedepan betul-betul bisa berperan menjadi pemain utama di dalam mendukung Ibu Kota Negara (IKN)

Kemudian lanjut Sukamta, dalam pemerintah daerah ada isu utama yang paling dekat untuk dihadapi. Yakni masalah Pemilu dan Pileg tahun 2024.

Menurutnya tidak semua daerah memiliki kemampuan untuk membiayai Pemilu, koordinasikan ke pemerintah pusat bagaimana solusinya nanti.

Di sisi lain, juga menyangkut tenaga honorer dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) selama ini penggajiannya melalui APBD bukan APBN pemerintah pusat, sehingga menjadi beban bagi pemerintah daerah.

"Isu-isu inilah yang akan dibawa pada Rapat Kerja Nasional APKASI nanti, semua isu lokal misalnya pendidikan yang mana di Kalsel ini sudah banyak sekolah pemerintah kekurangan murid karena masuk Pondok Pesantren," katanya.

Sukamara berharap, kedepan bagaimana santri tidak kalah dalam pelajaran sosial dan sains guna menghadapi tantangan masa yang akan datang.

Kemudian untuk masalah SMA apakah akan dikembalikan ke kabupaten/kota atau akan dibuat masterplan dari Pemprov Kalsel.

Sementara itu Ketua Umum APKASI yang diwakili Wakil Ketua Umum APKASI yang juga menjabat sebagai Bupati Mempawah Hj Erlina menuturkan, bahwa raker wilayah ini digelar di seluruh zona se-Indonesia.

Menurutnya Erlina, hasil rapat tersebut akan diserahkan lagi ke Rapat Kerja Nasional APKASI yang akan digelar pada Juli nanti.

"Tadi apa yang disampaikan bupati dan yang mewakili Gubernur Kalsel bakal dibahas di rapat kerja nasional, semoga hasilnya dapat memberikan pertumbuhan ekonomi serta dapat menghadapi berbagai isu dan permasalahan yang dihadapi oleh Pemkab se-Kalsel," tutupnya.

Raker APKASI ini juga dihadiri Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kalsel Nurul Fajar Desira, Perwakilan, Bupati/Wali Kota se-Kalsel, Pengurus APKASI Pusat serta Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Tala.

Editor


Komentar
Banner
Banner