Hot Borneo

Bupati HSS Resmikan Pelayanan Hemodialisis RSUD Daha Sejahtera

apahabar.com, KANDANGAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daha Sejahtera membuka unit hemodialisis untuk meningkatkan pelayanan…

Featured-Image
Bupati Achmad Fikry mengunjungi pasien yang sedang menjalani perawatan. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daha Sejahtera membuka unit hemodialisis untuk meningkatkan pelayanan bidang kesehatan di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat (22/7).

Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Sekda Muhammad Noor meresmikan secara langsung unit pelayanan kesehatan tersebut dengan pemotongan pita.

Layanan hemodialisis atau dikenal dengan layanan cuci darah dikhususkan bagi penderita gagal ginjal diharapkan dapat sangat membantu masyarakat khususnya yang berada di Nagara atau tiga kecamatan Daha meliputi Daha Selatan, Barat, dan Utara.

Bupati HSS, Achmad Fikry, mengatakan adanya layanan hemodialisis sangat membantu masyarakat Daha karena tempatnya tidak jauh lagi sehingga lebih menghemat waktu maupun biaya.

“RSUD Daha Sejahtera sudah bisa melayani cuci darah bagi penderita gagal ginjal, masyarakat Daha tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kandangan,” kata Bupati Fikry.

img

Peresmian unit pelayanan kesehatan hemodialisis di RSUD Daha Sejahtera. Foto-bakabar.com/Istimewa

Layanan hemodialisa di RSUD Daha Sejahtera memiliki sebanyak 5 unit dan 4 bed ditambah dokter spesialis.

Bupati Fikry menjelaskan, seiring waktu berjalan pihaknya akan terus meningkatkan peralatan dan pelayanan termasuk juga peningkatan tipe RSUD Daha Sejahtera.

“Tahun 2023 kita juga akan membangun rumah susun di RSUD Daha Sejahtera, lahannya sudah kita siapkan,” terangnya.

Sedangkan untuk mencetak penyakit gagal ginjal, Bupati Fikry memohon kepada para tenaga kesehatan, puksesmas dan penyuluh kesehatan agar melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Jadi kita mengedukasi masyarakat agar fasilitas yang sudah disiapkan, bukan tujuan, tetapi apabila masyarakat darurat perlu kita layani,” lanjutnya.

Sampai saat ini, RSUD Daha Sejahtera telah memiliki berbagai unit layanan kesehatan di antaranya bedah, kandungan kebidanan, hingga rehabilitasi medis.

Salah seorang pasien hemodialisis mengungkapkan rasa senang karena tak perlu jauh-jauh lagi untuk melakukan perawatan.

“Terima kasih banyak Bapak Bupati HSS beserta jajaran karena terus berusaha mendekatkan serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Warga Baruh Jaya, Kartinah.

Komentar
Banner
Banner