Pemkab Tabalong

Buka Sosialisasi ILP, Begini Keinginan Pj Bupati Tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong menggelar sosialisasi integrasi sosial layanan primer (ILP).

Featured-Image
Pj Bupati Tabalong Hj Hamida Munawarah, saat memberikan sambutan dan membuka sosialisasi ILP. Foto - Prokopim Setda Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong menggelar sosialisasi integrasi sosial layanan primer (ILP).

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari SKPD, Camat, kepala puskesmas dan kades lokus ILP ini digelar di Aston Tanjung City Hotel, Rabu (19/8).

Ketua Pelaksana, Rusmilawati, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penguatan pemahaman terkait ILP.

Kemudian, memberikan gambaran terkait persiapan dan pelaksanaan ILP di Puskesmas, Pustu dan Posyandu, meningkatkan koordinasi, advokasi dan komitmen lintas program serta lintas sektor dalam pelaksanaan ILP, 

"Selain itu juga untuk meningkatkan kerjasama serta berbagi peran dan tanggungjawab lintas sector terkait dalam pelaksanaan ILP," bebernya.

Sementara itu, Plt Kadinkes Tabalong, Pebriadin Hafiz mengatakan kegiatan dilaksanakan dengan beberapa rangkaian.

Hari ini narasumber dari Bappeda provinsi, dilanjutkan besok hari tentang advokasi itu (narasumber) dari kementerian dalam negeri.

"Pada tanggal 17 September akan dilakukan edukasi kepada pimpinan puskesmas, posyandu dan kepala desa yang menjadi lokus dari kegiatan integritas layanan primer ini," ungkap Hafiz.

Sementara Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, saat membuka kegiatan tersebut menginginkan puskesmas dan pemerintah desa bisa memberikan layanan kesehatan lebih cepat dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.

"Puskesmas dan desa memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan masyarakat khususnya dalam pencegahan penyakit, penanganan masalah kesehatan dasar, serta peningkatan kesejahteraan warga," ingatnya.

Hamida berharap  puskesmas dan pemerintah desa dapat lebih bersinergi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih terintegrasi, cepat, dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.

"Saya juga ingin kolaborasi antar sektor, baik di bidang kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi, karena kesehatan bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan semata, melainkan tugas bersama," ucapnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner