tanah bumbu

Budayakan Gotong Royong, Warga Desa Persiapan Hidayah Makmur Tanbu Rutin Bersihkan Lingkungan

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Desa (Pemdes) Persiapan Hidayah Makmur, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu, terus menggalakkan…

Featured-Image
Gotong royong di RT 15 Desa Persiapan Hidayah Makmur. Foto-Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN – Pemerintah Desa (Pemdes) Persiapan Hidayah Makmur, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu, terus menggalakkan budaya gotong royong.

Desa yang baru terbentuk hasil pemekaran dari Desa Baroqah ini rutin mengajak warganya untuk membersihkan lingkungan.

“Gotong royong ini rutin kita laksanakan setiap hari Minggu dan bergiliran di setiap RT. Hari ini kita gelar di RT 15,” ungkap Pjs Kepala Desa Persiapan Hidayah Makmur, melalui Sekretaris Desa, Rudi Hartono, kepada bakabar.com, Minggu (28/11).

Rudi mengatakan penggalakkan gotong royong sudah mereka lakukan meliputi pembersihan drainase dan tempat-tempat yang dilihat kurang bersih.

“Yang kotor kita bersihkan, ini juga sebagai antisipasi banjir, saluran drainase yang tersumbat dilancarkan. Kalau bukan kita bersama warga siapa lagi, semua untuk kita bersama,” ujarnya.

Di samping itu, kata Rudi, gotong royong yang dilakukan adalah sebagai perekat tali silaturrahmi bagi seluruh warganya.

“Mungkin kita disibukkan oleh pekerjaan masing-masing, sehingga tidak sempat bercengkrama bersama warga. Melalui ini kita bisa sekaligus berdiskusi sambil bekerja dan bonusnya lingkungan menjadi bersih,” tuturnya.

Rudi menambahkan kegiatan tersebut juga menindaklanjuti Peraturan Bupati Tanah Bumbu Nomor 12 Tahun 2020 tentang Gotong Royong Mandiri, Gotong Royong Stimulan dan Gotong Royong Padat Karya.

“Intinya gotong royong itu rame dan banyak manfaatnya,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner