News

Buaya Panjang 1,5 Meter Terjebak Jaring Nelayan di Sungai Mentaya Sampit

Seekor buaya berukuran sekitar 1,5 meter terjebak jaring nelayan di Sungai Mentaya Sampit.

Featured-Image
Proses evakuasi buaya yang terjebak jaring nelayan oleh warga pemilik perangkap ikan. Jumat (20/9/2024). Foto: Istimewa

bakabar.com, SAMPIT - Warga hamparan Sungai Mentaya, Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng dihebohkan seekor buaya sepanjang 1,5 meter yang terjebak jaring nelayan, Jumat (20/9/2024).

Kejadian ini sempat terekam video warga, yang mana buaya yang masih terlilit jaring nelayan itu dievakuasi menggunakan sebuah perahu. Tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan, mulut dan kaki buaya kemudian diikat warga menggunakan lakban.

Gainsyah pemilik jaring nelayan menerangkan, buaya tersebut tejebak jaring yang dipasangnya kemarin sore di Sungai Sapihan, Kecamatan Seranau.

"Sebenarnya saya mau lepaskan begitu saja, namun kasian karena kondisi buaya masih terlilit jaring dan takutnya mati jika tidak selamatkan," terang Gainsyah.

Buaya yang terperangkap jaring nelayan di Sungai Mentaya, telah di evakuasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Sampit, bersama komunitas pecinta reptil Sampit. Jumat (20/9/2024). Foto : BKSDA Sampit.
Buaya yang terperangkap jaring nelayan di Sungai Mentaya, telah di evakuasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Sampit, bersama komunitas pecinta reptil Sampit, Jumat (20/9/2024). Foto: BKSDA Sampit

Dirinya pun akhirnya memutuskan membawa buaya tersebut ke rumahnya tidak jauh dari Masjid Suhada, di Kelurahan Baamang Tengah dipinggiran sungai mentaya dengan menggunakan perahu.

"Kami juga sudah lapor ke pihak BKSDA untuk mengambil buaya ini," imbuhnya.

Sementara itu, kata Kepala Resort BKSDA Sampit, Muriansyah membenarkan adanya laporan buaya yang terperangkap di jaring ikan oleh warga.

"Saat ini buaya sudah kita amankan bersama komunitas reptil," ungkap Muriansyah

"Ini adalah jenis buaya muara dengan Panjang 1,5 meter. Jenis kelamin jantan dan kondisinya sehat tidak ada luka," pungkas Muriansyah.

Editor


Komentar
Banner
Banner