Sport

BRI Liga 1: Tekuk Persela Lamongan, Barito Putera Cetak Hattrick Kemenangan

apahabar.com, DENPASAR – Akhirnya Barito Putera mampu mencetak tiga kemenangan di beruntun di BRI Liga 1…

Featured-Image
Selebrasi Bayu Prana seusai mencetak gol spektakuler ke gawang Persela Lamongan, Jumat (18/2) malam. Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, DENPASAR – Akhirnya Barito Putera mampu mencetak tiga kemenangan di beruntun di BRI Liga 1 musim 2021/2022, setelah menundukkan Persela Lamongan 4-2, Jumat (18/2) malam.

Bermain di Stadion Kompyang Sujana, Persela Lamongan sebenarnya mampu unggul lebih dulu di menit 16. Radiansyah berdiri bebas di dekat tiang kanan gawang untuk menyepak umpan sundulan Jose Wilson.

Gol itu sendiri diawali tendangan sudut yang diambil Guilherme Batata dari kiri pertahanan Barito Putera, lalu diarahkan ke tengah kotak penalti.

Belum pulih keterkejutan Barito Putera, Persela mampu menggandakan keunggulan di menit 21 melalui aksi Gian Zola Nugraha.

Kesalahan Kim Jin-sung berperan atas gol Persela, ketika salah melepas umpan. Bola langsung dicuri Muhammad Nur Iskandar dan dilepas ke kotak penalti untuk diselesaikan Gian Zola.

Hanya semenit berselang, Barito Putera berhasil memperkecil ketertinggalan. Rafael Silva yang menerima bola di kotak penalti, melepas umpan tarik ke depan Bruno Matos.

Bruno Matos langsung menyepak ke gawang, tapi bola terhalang kaki Demerson. Namun mantan pemain Persija Jakarta ini mampu memanfaatkan rebound untuk mencetak gol perdana bersama Barito.

Pertandingan kian seru, karena Barito Putera mampu menyamakan kedudukan di menit 31 melalui sepakan keras Rafael Silva.

Striker kelahiran Brasil itu berdiri di posisi yang tepat untuk menyambar bola, ketika sepakan bebas Renan Alves membentur kaki Demerson.

Memasuki babak kedua, Persela mengambil inisiatif menyerang. Namun Barito yang lebih dulu memperoleh peluang melalui sepakan Raphael Maitimo di menit 47.

Sejurus kemudian Rahel Radiansyah mencoba peruntungan lewat sepakan dari luar kotak penalti. Skor tak berubah, karena tendangan pemain kelahiran Palangka Raya ini sedikit melambung.

Lantas lewat situasi serupa di menit 51, Bayu Pradana membawa Laskar Antasari berbalik memimpin 3-2. Dari jarak sekitar 20 meter, sepakan geledek wakil kapten Barito ini tak mampu diantisipasi kiper Abdur Rohim.

Dalam posisi tertinggal, Persela sebenarnya mampu menembus pertahanan Barito lewat umpan-umpan direct ke sayap.

Akan tetapi peluang yang diperoleh Rahel Radiansyah, Riyatno Abiyoso dan Jose Wilkson dapat diantisipasi Renan Alves.

Barito melakukan pergantian pertama di menit 63. Kim Jin-sung yang kurang efektif ditempatkan sebagai gelandang bertahan, akhirnya digantikan Lutfhi Kamal.

Memasuki menit 73, Rahel Radiansyah kembali tidak beruntung dengan sundulan dari luar kotak penalti. Meski mengarah ke gawang, bola sedikit menjauh dari sasaran.

Hingga injury time babak kedua, Persela tetap gagal mendapatkan gol tambahan. Peluang terakhir lewat sepakan Riyatno Abiyoso dapat diblok kiper Muhammad Riyandi.

Malah Barito Putera yang mencetak gol keempat melalui aksi individu Bruno Matos di menit 90+4. Berlari dari garis tengah, Matos sempat mengecoh dua pemain Persela, sebelum mencetak gol.

Hasil ini membuat Barito Putera mencetak hattrick kemenangan yang perdana di BRI Liga 1 musim 2021/2022. Sebelumnya anak asuh Rahmad Darmawan ini mengalahkan PSIS Semarang 2-1 dan Persipura Jayapura 3-0.

Kemenangan memang belum mengubah posisi Barito di peringkat 15 dengan 25 poin. Namun demikian, jarak dengan Persipura di posisi teratas zona degradasi, melebar menjadi 3 poin.

Persipura sendiri kembali menelan kekalahan. Setelah digasak Barito 0-3, Si Mutiara Hitam dikalahkan Persib Bandung dengan skor serupa.

Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Muhammad Riyandi; Miftah Sani, Renan Alves, Muhammad Firly, Bagas Kaffa; Bayu Pradana, Kim Jin-sung (Lufthi Kamal ’63), Raphael Maitimo (M Rafi Syaharil ’89); Buyung Ismu (Beni Oktovianto ’63), Rafael Silva (Guy Junior ’77), Bruno Matos

Persela Lamongan (4-3-3): Abdur Rohim; Valentino Telaubun, Demerson, M Zaenuri, M Kaharudin (Ricky Akbar Ohorella ’80); Gian Zola Nugraha, Guilherme Batata, M Nur Iskandar (Riyatno Abiyoso ’60); Malik Risaldi (Ibrahim Kosepa ’80), Jose Wilkson, Rahel Radiansyah (Ilham Fathoni ’86)



Komentar
Banner
Banner