Kalteng

BPBD Kapuas Kembali Ingatkan Warga, Waspada Cuaca Ekstrem

apahabar com, KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalteng, kembali mengingatkan warga…

Featured-Image
Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar com, KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalteng, kembali mengingatkan warga Kapuas agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, BMKG telah merilis prakiran cuaca untuk wilayah Kalteng yang berlaku mulai 14 sampai 20 Januari 2021.

“Jadi, perlu kami sampaikan peringatan dini-nya, bahwa kita harus waspada terhadap potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir/kilat dan angin kencang,” katanya, Sabtu (16/1).

Kemudian, lanjut Panahatan, masyarakat juga harus waspada terhadap potensi adanya genangan air, banjir dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.

Selanjutnya warga Kapuas juga harus mewaspadai terhadap pertumbuhan awan kompentik dan awan cumulonimbus yang dapat berpotensi hujan sedang dan lebat.

“Sehingga menimbulkan angin kencang serta menambah tinggi gelombang di wilayah pesisir dan perairan selatan di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Warga Kapuas juga diingatkan agar mewaspadai potensi gelombang tinggi 1 meter sampai 2,5 meter yang berpeluang juga terjadi di perairan selatan Kalimantan Tengah.

“Nah, kalau kita lihat beberapa hari terakhir Kabupaten Kapuas tergenang air di beberapa lokasi, itu akibat dari potensi gelombang tinggi di laut saat pasang,” terang Panahatan.

“Sementara curah hujan sangat tinggi membuat pertemuan air di daerah hilir. Jadi, ini harus diwaspadai oleh warga Kapuas, khususnya yang berada di pinggiran sungai,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner