Pemkab Balangan

BPBD Balangan Ikuti Diklat Penyelenggaraan Pemerintahan Saat Tanggap Darurat dan Pasca Bencana

Pejabat BPBD Kabupaten Balangan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penyelenggaraan Pemerintahan Saat Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

Featured-Image
Pejabat BPBD Balangan mengikuti Diklat Penyelenggaraan Pemerintahan Saat Tanggap Darurat dan Pasca Bencana di Jakarta dari 23 - 26 Juli 2024

bakabar.com, PARINGIN - Pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penyelenggaraan Pemerintahan Saat Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

Diklat diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Hotel Orchardz Jayakarta, Jakarta dari 23 – 26 Juli 2024.

“Mengingat penting dan urgent diklat ini akhirnya
BPBD Balangan mengikutinya karena menyangkut potensi dan juga sertifikasi yang harus dimiliki oleh seluruh pejabat di lingkup BPBD Balangan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi, Sabtu (27/7).

Dijelaskanya, Diklat Penyelenggaraan Pemerintahan Pasca Bencana saat ini melibatkan dari pimpinan kepala pelaksana, sekretaris, seluruh kabid dan para kasubbag guna memenuhi standar kompetensi indeks profesionalisme ASN.

“Sertifikasi yang diakui adalah yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri,” ujarnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memenuhi standar sertifikasi kompetensi sebagai penyelenggara penanggulangan bencana, kemudian dalam rangka menambah kompetensi dan wawasan di bidang manajemen penyelenggaran pemerintahan saat tanggap darurat dan pasca bencana.

“Materi-materi yang disampaikan sangat sesuai sekali dengan kebutuhan kami dalam mengampu tugas-tugas di dalam penanggulangan bencana dan narasumbernya pun langsung dari lembaga atau kementerian terkait, yaitu pejabat setingkat pembuat regulasi seperti Sekjend, Dirjen, Direktur dan Sub Direktur. Jadi sangat berhubungan sekali dengan lintas sektor dan multi kolaborasi,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, melalui kegiatan ini seluruh pejabat di lingkup BPBD Balangan meningkat kinerjanya, kompetensi dan kemampuannya di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang penanggulangan bencana.

“Mudahan juga diklat kedepan kami perluas lagi dengan mengikutkan rekan para JF dan lainnya agar meningkat kompetensi dan wawasannya, serta memiliki sertifikasi dalam menjalankan tugas,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner