Kalsel

BMKG: 6 Wilayah Berpotensi Banjir dalam Waktu Dekat, Kalsel Salah Satunya

apahabar.com, JAKARTA – BMKG menyebutkan ada 6 wilayah yang berpotensi banjir dan banjir bandang pada periode…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, JAKARTA – BMKG menyebutkan ada 6 wilayah yang berpotensi banjir dan banjir bandang pada periode 3 hari mendatang, salah satunya di wilayah Kalimantan Selatan.

“Untuk periode 3 hari mendatang, berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak, wilayah yang berpotensi dampak banjir dan banjir bandang, dengan Kategori SIAGA,” ujar Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, dalam keterangan tertulis BMKG, Minggu (31/10).

Enam wilayah yang dimaksud ialah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat di enam wilayah tersebut untuk melakukan persiapan antisipasi banjir. Antara lain memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola air.

Guswanto juga mengingatkan untuk tidak melakukan buang sampah sembarangan. Pemotongan lereng atau tebang pohon.

“Melakukan penghijauan secara lebih masif. Lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi. Menggencarkan secara lebih masif sosialisasi, edukasi, dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi,” ujarnya.



Komentar
Banner
Banner