Pemkab Balangan

Berlangsung Meriah, Festival Budaya Sanggam II Angkat Seni Budaya Balangan

Festival Budaya Banua Sanggam kembali digelar, ratusan peserta dari Sanggar Kesenian, pelajar dan Organiasi Kepemudaan ikut memeriahkan Festival Budaya Sanggam

Featured-Image
Asisten II Setda Kabupaten Balangan Memukul Gong Tanda Festival Budaya Sanggam IIResmi Dibuka

bakabar.com, PARINGIN - Festival Budaya Banua Sanggam kembali digelar. Ratusan peserta dari sanggar kesenian, pelajar dan organiasi kepemudaan ikut memeriahkan gelaran Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan ini.


Digelar sejak 4 hingga 8 september 2024 di Lapangan Martasura Kecamatan Paringin, Rabu (04/09/2024).

Ratusan peserta berasal dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Balangan. Mereka mengikuti pawai budaya yang menjadi bagian dari pembukaan festival.

Pawai ini menampilkan berbagai macam kesenian dan kebudayaan tradisional daerah. Antara lain seperti tari-tarian, musik, pakaian adat, dan permainan rakyat.

Selain pawai budaya, festival ini juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lain. Di antaranya pameran tradisional, pergelaran tari tradisional, teater tradisional, lomba permainan tradisional, dan jelajah cagar budaya Kabupaten Balangan.

Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk menggali, menumbuhkan, dan menunjukkan nilai-nilai budaya daerah yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas.

Dibuka oleh Bupati Balangan yang diwakili Assisten II bidang perekonomian pembangunan, Festival Budaya Sanggam II berlangsung meriah.

"Festival ini sangat penting untuk mempertahankan identitas kedaerahan di tengah era globalisasi yang mencoba menghapusnya. Kami juga mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta seluruh panitia dan kerabat kerja yang telah bekerja keras menghadirkan festival ini," ucap Tulahus.

Tampilnya berbagai kegiatan kebudayaan seperti ini menurutnya tentu dapat memberi kontribusi nyata untuk kembali menumbuhkan budaya asli Banua Sanggam.

“Tampilnya berbagai budaya di Balangan ini bukti Balangan tetap lestari budaya alias  sebagai daerah multi etnis dan multi agama, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip toleransi,” tegasnya.

Peserta Festival Budaya Sanggam II
Peserta Festival Budaya Sanggam II


Penanggung Jawab kegiatan Festival Budaya Sanggam II, Sauji Mukmin mengatakan, acara ini kesempatan untuk bersama-sama mendukung dan mempromosikan kekayaan seni dan budaya lokal Kabupaten Balangan.

"Festival Budaya kali ini, kita melibatkan seluruh unsur budaya lokal, dari pelaksana maupun peserta, Selain itu, pemilihan tempat di lapangan Martasura juga untuk memastikan keterlibatan UMKM lokal dalam memperkenalkan produk masing-masing," ujar Sauzi ditemui usai pembukaan Festival Budaya Sanggam II.

Fahruraji salah satu peserta Festival Banua Sanggam II dari Sanggar Kariwaya menyatakan rasa senang Festival Budaya Sanggam kembali digelar yang tentunya bisa mengangjat kreativitas pecinta seni dan budaya.

Editor


Komentar
Banner
Banner