Peristiwa & Hukum

Beredar Video Banjir di Pengaron Kabupaten Banjar, Cek Faktanya!

Beredar video menyatakan banjir menerjang Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Selasa (28/11) sore. Benarkah, cek faktanya!

Featured-Image
Beredar video lama banjir di Pengaron, Kabupaten Banjar yang diviralkan lagi oleh netizen, pada Selasa (28/11) sore.

bakabar.com, MARTAPURA - Beredar video menyatakan banjir menerjang Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Selasa (28/11) sore. Benarkah, cek faktanya!

Munculnya video tersebut seiring turunnya hujan dengan intensitas sedang yang terjadi merata di Kabupaten Banjar sejak pukul 10.30 hingga sore ini.

Video berdurasi 23 detik itu tersebar ke grup-grup WhatsApp, menunjukkan banjir di Desa Benteng, Pengaron, dengan ketinggian air setinggi dada orang dewasa.

"Info terkini Desa Benteng Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar, suasana masih hujan, kedalaman hampir dada orang dewasa," ucap suara pria dalam video.

Kemudian, video itu dishare dengan narasi "Persiapan untuk daerah Mataraman, Astambul, dan Martapura menerima banyu (air) dari Pengaron."

Namun ternyata, video tersebut direkam waktu banjir tahun 2021, namun dishare ulang di grup-grup WatsApp.

Tak sedikit yang meneruskan video itu ke grup dan story WA, yang kemudian ditegur netizen lainnya.

"Itu video lawas dishare lagi. Saat ini kondisi di Pengaron aman saja, tidak ada banjir," ujar Camat Pengaron Alipudin kepada bakabar.com.

Ia mengaku saat memang terjadi hujan, namun debit air Sungai Riam Kiwa masih normal tidak meluap.

Warga diimbau agar selalu kroscek dulu suatu informasi agar tidak memunculkan kepanikan. Ia pun menegaskan tidak ada banjir hingga saat ini.

Baca Juga: Ketua DPRD Banjar Heran Disdik Pecat Pegawai Kontrak usai Izin Umrah

Editor
Komentar
Banner
Banner