Festival Kuliner Legendaris

Berbagai Festival, Pemkot Solo: Tingkatkan Waktu Tinggal Wisatawan

Pemerintah Kota Surakarta menegaskan festival termasuk kuliner mampu meningkatkan length of stay (LOS) atau waktu tinggal wisatawan di Solo, Jawa Tengah.

Featured-Image
Festival Kuliner Legendaris di Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/7/2023). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Surakarta menegaskan penyelenggaraan berbagai festival termasuk kuliner mampu meningkatkan length of stay (LOS) atau waktu tinggal wisatawan di Solo, Jawa Tengah.

"Saat ini sudah di angka 1,6 hari, harapannya hingga akhir tahun ini bisa mendekati 2 hari," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko pada pembukaan Festival Kuliner Legendaris di Benteng Vastenburg Solo, Sabtu (8/7).

Ia menjelaskan festival kuliner yang menyediakan berbagai makanan khas daerah-daerah di Indonesia merupakan acara yang sudah direncanakan sejak lama. Oleh karena itu, ia mengapresiasi acara tersebut.

Menurut Aryo, dengan acara yang diselenggarakan selama dua hari, yakni Sabtu (8/7) dan Minggu (9/7) diharapkan wisatawan dapat tinggal lebih lama di Solo. Ia mengakui saat ini target LOS menjadi tantangan besar bagi setiap daerah mengingat infrastruktur makin lengkap.

Baca Juga: Revitalisasi Keraton Kasunanan Solo Dimulai September

"Wisatawan banyak, infrastruktur lengkap jadi mereka mudah ketika berpindah-pindah," kata Aryo.

Selain penyelenggaraan festival, pihaknya juga berharap atraksi malam mampu meningkatkan lama tinggal wisatawan di Kota Solo. "Seperti pertunjukan Ramayana dari wayang orang, harapannya bisa diselenggarakan lebih dari sekali setiap bulannya," terang Aryo.

Sementara itu perusahaan pendukung kegiatan itu menyebutkan festival kuliner merupakan ajang hiburan yang mampu mempersatukan bangsa. Kegiatan itu sekaligus bisa menjadi identitas bangsa, karena di Indonesia ada sebanyak 3.529 kuliner otentik, ini dari Sabang-Merauke.

Editor
Komentar
Banner
Banner