Kalsel

Beragam Lomba PAI Warnai Pekan Muharram di HST

apahabar.com, BARABAI – Memperingati Tahun Baru Hijriah 1441, Asosiasi Guru Agama Islam Indonesia (AGAII) di Hulu…

Featured-Image
Staf Ahli Bupati HST Bidang Administrasi Umum, H Riduan umembuka secara resmi Pekan Muharram ke 3 PAI di Pendopo Bupati, Rabu (16/10). Foto-Muayyad for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Memperingati Tahun Baru Hijriah 1441, Asosiasi Guru Agama Islam Indonesia (AGAII) di Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar Pekan Muharram ke 3Pendidikan Agama Islam (PAI).

Pekan Muharram itu diwarnai dengan berbagai lomba dan diikuti ratusan pelajar dari tingkat dasar, menengah pertama hingga atas di HST.

Lomba untuk tingkat dasar yakni, MTQ, Pidato PAI, Cerdas Cermat PAI, Musyabaqah Hifzil Quran, Azan, Kaligrafi Islam, Shalat Berjamaah.

Untuk jenjang menengah pertama, yang dilombakan yakni, MTQ, Pidato PAI, Cerdas Cermat PAI, Kaligrafi Islam, Musyabaqah Hifzil Qur’an, Azan.

Sedangkan untuk jenjang menengah atas yakni, lomba MTQ, Pidato PAI, Seni Nasyid, Debat PAI dan Azan.

“Ini untuk mengasah kompetensi siswa agar meraih prestasi dan berakhlakul karimah atau berprilaku Islami serta menjaga moral bangsa,” kata Ketua Panitia Pekan Muharram, Miseransyah, Kamis (17/10).

Kegiatan itu, kata dia, murni inisiatif AGAII HST untuk memperingati Tahun Baru Hijriah 1441 H. Tujuannya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta ajang silaturahmi dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan untuk para pelajar.

Sebelumnya, Bupati HST melalui Bupati Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, H Riduan mengatakan, lomba tersebut dapat membentuk generasi pelajar lebih kompetitif dan kualitatif serta berakhlakul karimah dalam mengembangkan minat dan bakat serta potensi pada PAI.

“Ajang kompetisi ini juga memicu semangat keagamaan sehingga nantinya menumbuhkan minat untuk memahami, menghayati yang pada akhirnya dapat mengamalkan ajaran agama dengan baik dan benar,” kata Riduan usai membuka secara resmi Pekan Muharram itu di Pendopo Bupati, Rabu (16/10).

Dia berharap pekan Muharram PAI dapat dijadikan momentum strategis guna meningkatkan mutu pendidik dan kependidikan dalam upaya mendukung sumber daya manusia yang agamis dan berakhlakul karimah di Bumi Murakata.

Baca Juga: Siswi SMAN 1 HST Wakili Kalsel di Pentas PAI Nasional

Reporter HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner