Kalsel

Belasan ODP Gowa di Banjarbaru Reaktif Covid-19, Dikarantina di Ambulung

apahabar.com, BANJARBARU – Seluruh alumnus klaster Gowa yang terdeteksi di Banjarbaru telah di-rapidtest oleh Dinkes setempat….

Featured-Image
Ilustrasi orang memakai masker. Foto-Freepik via Solopos.com

bakabar.com, BANJARBARU – Seluruh alumnus klaster Gowa yang terdeteksi di Banjarbaru telah di-rapidtest oleh Dinkes setempat. Hasilnya, belasan di antaranya reaktif Covid-19.

Diketahui, hingga Sabtu (11/4) pagi terdeteksi sebanyak 41 orang alumnus Klaster Gowa, setelah sebelumnya pada Kamis (9/4) siang terdeteksi hanya 27 orang.

Tak lama itu hasil pemeriksaan cepat pun menunjukkan beberapa orang reaktif positif Covid-19.

“Rapid test, pertama dipahami dulu. Hasil reaktif positif itu belum tentu positif Covid-19, kita harus lakukan tes swab, nah dari situlah kita bisa mengatakan seseorang itu positif atau negatif covid-19,” ujar Kepala Dinkes Banjarbaru Rizana Mirzana kepada bakabar.com Senin (13/4) pagi.

Meski hasil dari puluhan alumnus klaster Gowa tersebut sudah keluar namun ia enggan membeberkan berapa jumlah pasti orang yang dinyatakan reaktif positif.

Namun dari penelusuran bakabar.com setidaknya dari 22 ODP yang dites terdapat 11 di antaranya reaktif Covid-19.

“Dari 41 orang itu ada yang reaktif positif, tapi saya tidak kasih tahu berapa jumlahnya, takutnya nanti masyarakat resah. Karena faktanya reaktif positif belum tentu positif Covid-19,” terangnya.

Lalu, dalam waktu dekat ini, beberapa orang tersebut akan melakukan tes swab. Swab uji sampel spesimen lendir di saluran pernapasan.

“Insyaallah 1 atau 2 hari ini akan kami lakukan swab, kami sudah siapkan sarana dan prasarananya. Lalu dicek di Laboratorium BBTKLPP Banjarbaru, dalam 3 atau 4 hari hasilnya keluar,” ungkapnya.

Sementara itu lanjutnya mereka yang reaktif positif akan dikarantina di tempat yang telah dipersiapkan Pemprov Kalsel.

“Dikarantina di tempat yang sudah disiapkan Pemprov di Ambulung, mulai hari ini rencananya mulai masuk,” pungkasnya.

Untuk diketahui alumnus Klaster Gowa yang hasilnya non-reaktif tetap berstatus orang dalam pemantauan atau ODP. Mereka ‘hanya’ menjalani isolasi mandiri di rumah.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.



Komentar
Banner
Banner