Sport

Barito Putera Terseret Dugaan Sepakbola Gajah, Suporter Membela

apahabar.com, BANJARBARU – Meski dinyatakan bertahan di Liga 1 musim depan, nasib Barito Putera belum aman….

Featured-Image
Pemain Barito Putera melakukan selebrasi. Foto-Instagram Barito

bakabar.com, BANJARBARU – Meski dinyatakan bertahan di Liga 1 musim depan, nasib Barito Putera belum aman.

Bersama PSSI, Bank BRI, Persib Bandung dan David da Silva, Laskar Antasari digugat Persipura Jayapura.

Gugatan dengan dugaan memainkan sepakbola gajah itu resmi terdaftar Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tertanggal 14 April 2022.

Masalah bermula ketika Persipura menang 3-0 atas Persita Tangerang dalam pekan terakhir BRI Liga 1 musim 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, 31 Maret 2022.

Kendati mengamankan tiga poin, Si Mutiara Hitam tetap dipastikan terdegradasi ke Liga 2. Penyebabnya dalam waktu bersamaan, Barito Putera berhasil menahan Persib Bandung 1-1.

Dua hasil laga di atas membuat Barito dipastikan bertahan di Liga 1 musim depan. Rizky Rizaldi Pora cs unggul head to head atas Persipura, meski sama-sama mengoleksi 36 poin.

Dalam pertai krusial Barito melawan Persib, aktor yang menjadi sorotan adalah David da Silva.

Sorotan itu diawali ketika Maung Bandung mendapat hadiah penalti. Namun David Da Silva yang menjadi algojo, gagal memanfaatkan peluang emas itu.

Alhasil striker kelahiran Brassil itu ikut terseret dugaan sepakbola gajah. Da Silva dinilai seolah menendang bola dengan mudah ditangkap kiper Muhammad Riyandi.

Da Silva juga diklaim ragu-ragu keetika mengambil tendangan. Bola yang disepak hanya menyusur tanah dan mengarah ke tengah.

"Kami sekarang sedang tunggu kapan pengadilan sidang akan ditindaklanjuti. Bukti-bukti sudah disiapkan, kami akan menempuh jalur hukum di peradilan," seru Michael Hilman, Ketua Tim Pengacara Cinta Persipura.

Berikut enam permohonan penggugat kepada hakim terkait dugaan sepakbola gajah:

1. Mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya;

2. Membatalkan Hasil Pertandingan Tergugat II (PERSIB) VS Tergugat III (BARITO PUTRA) atau setidak tidaknya digelar pertandingan ulang dan disaksikan penonton secara offline;

3. Menyatakan pertandingan antara Persib dan Barito Putra adalah memainkan sepakbola gajah yang melanggar prinsip fair play dan merupakan Perbuatan Melawan Hukum yang sangat merugikan Para Penggugat;

4. Menyatakan klub kebanggaan Para Penggugat Persipura Jayapura Batal Degradasi dan Tetap sebagai Peserta Liga 1;

5. Melarang Pemain Persib Bandung Tergugat IV atas nama "DA SILVA" untuk bermain dalam kompetisi sepakbola di seluruh Indonesia.

6. Menghukum Para Tergugat, karena salahnya untuk membayar ganti kerugian kepada Para Penggugat.

Menanggapi tuntutan tersebut, Ketua Umum Barito Mania (Bartman) -julukan suporter Barito Putera, Dedy Sattardi meyakini tudingan dari Persipura tersebut salah besar.

"Kami yakin seyakin-yakinnya tidak ada sepakbola gajah. Barito berjuang dengan usaha sendiri untuk dapat hasil imbang lawan Persib," tegas Dedy kepada bakabar.com, Rabu (20/4).

"Silakan saja Persipura menggugat, karena itu hak mereka. Bagaimanapun yang benar akan tetap menang," tandasnya.



Komentar
Banner
Banner