Olahraga

Barito Putera Tekuk Persebaya, Akhiri Paceklik Kemenangan Dalam Tujuh Pertandingan

Catatan tujuh pertandingan yang diderita Barito Putera di Liga 1 musim 2023/2024, berhasil diakhiri lewat kemenangan atas Persebaya Surabaya di Stadion Demang L

Featured-Image
Di bawah guyuran hujan, Barito Putera menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Demang Lehman, Kamis (9/11). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, MARTAPURA - Catatan tujuh pertandingan berturut-turut tanpa menang yang diderita Barito Putera di Liga 1 musim 2023/2024, berhasil diakhiri lewat kemenangan atas Persebaya Surabaya di Stadion Demang Lehman, Kamis (11).

Hujan mengiringi hampir sepanjang babak pertama. Persebaya lebih mendominasi permainan dengan mengandalkan tusukan-tusukan Sho Yamamoto dan Bruno Moreira.

Mereka mendapat peluang lewat umpan panjang Andre Oktaviansyah. Namun Bruno Moreira yang berupaya menyambut bola, masih kalah cepat dengan kiper Ega Rizky yang keluar dari sarang.

Kemudian di menit 20, Persebaya kembali memperoleh peluang. Bermula dari freekick Song Uiyoung, bola mengarah kepada Wildan Ramdhani. Akan tetapi penyelesaian Wildan belum sempurna.

Dalam situasi tertekan, Barito Putera berhasil mencetak gol di menit 32. Gol ini berawal dari bola sapuan di lini tengah.

Mike Ott yang tidak terkawal, berlari membawa bola mendekati kotak penalti. Meski sempat dibayang-bayangi Kadek Raditya, Ott berhasil mengarahkan bola ke kiri gawang.

Di menit akhir babak pertama, Wildan Ramdhani membuang peluang menyamakan kedudukan. Seusai menerima umpan cut back Sho Yamamoto, sepakan Wildan jauh melambung.

Memasuki babak kedua, hujan sudah berhenti. Tensi pertandingan masih cukup tinggi, dengan Persebaya kembali berusaha mendominasi permainan.

Namun Barito yang lebih dulu memperoleh peluang melalui tendangan bebas di menit 53, setelah handball Dusan Stevanovic di dekat kotak penalti.

Murilo Mendes yang menjadi eksekutor, dapat mengarahkan bola ke gawang. Namun si kulit bundar dapat diblok kiper Ernando Ari.

Hujan kembali mengguyur sejak menit 64. Persebaya masih kesulitan menembus pertahanan Barito. Di sisi lain, Bajul Ijo malah mengganti Sho Yamamoto dengan Firmansyah.

Akhirnya di menit 79, Barito Putera berhasil menggandakan keunggulan melalui sepakan mendatar Renan Alves dari luar kotak penalti.

Gol tersebut diawali akselerasi Bagas Kaffa yang berhasil melewati tiga pemain. Selanjutnya bola diumpan kepada Alves yang berdiri cukup bebas.

Unggul dua gol, pelatih Rahmad Darmawan memberikan debut kepada Natanael Siringoringo di menit 84. Gelandang anyar ini menggantikan Mike Ott.

Natanael nyaris langsung mencetak gol di partai debut, seandainya berhasil menyelesaikan umpat tarik Murilo Mendes dalam skema serangan balik di menit 90.

Hingga pertandingan berakhir, skor tidak berubah. Barito Putera pun berhasil mengakhiri paceklik tujuh pertandingan berturut-turut tanpa pernah menang.

Adapun tujuh pertandingan tersebut diawali kekalahan di tangan PSM Makassar dengan skor 0-2 dan PSIS Semarang 0-1.

Kemudian berturut-turut hasil imbang kontra RANS Nusantara 1-1, Persija Jakarta 1-1, Bhayangkara FC 1-1, Persikabo 1-1, dan Persita Tangerang 2-2.

Namun demikian, posisi Laskar Antasari di klasemen sementara masih berada di peringkat ketujuh dengan 28 poin, atau tertinggal 5 poin dari Bali United di zona championship series.

Editor
Komentar
Banner
Banner