Olahraga

Barito Putera Dibenamkan PSS Sleman di Maguwoharjo

Barito Putera harus pulang dengan tangan hampa dari Stadion Maguwoharjo, karena dikalahkan PSS Sleman dengan skor 1-2 dalam lanjutan Liga 1 musim 2023/2024

Featured-Image
Murilo Mendes mendapat kawalan ketat dalam pertandingan Barito Putera versus PSS Sleman, Minggu (26/11). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, SLEMAN - Barito Putera harus pulang dengan tangan hampa dari Stadion Maguwoharjo, karena dikalahkan PSS Sleman dengan skor 1-2 dalam lanjutan Liga 1 musim 2023/2024, Minggu (26/11).

Pertandingan berlangsung dalam tempo sedang. Barito Putera terlihat bermain lebih efektif, meski belum tercipta peluang hingga menit 20.

Sementara pertahanan Barito Putera yang minus Renan Alves, belum mendapatkan tekanan berarti dari tuan rumah.

Namun memasuki menit 33, PSS Sleman berhasil mencetak gol lebih dulu. Gol ini berawal dari freekick yang dilepaskan Jonatan Bustos kanan depan kotak penalti.

Bola mengarah ke tiang jauh, lalu berhasil disundul masuk oleh Jihad Ayoub yang sebenarnya sudah dikawal Murilo Mendes.

Gol tersebut meningkatkan tensi permainan. Barito nyaris menyamakan kedudukan di menit 39, ketika Bagus Kahfi lolos ke kotak penalti.

Akan tetapi sepakan kembaran Bagas Kaffa itu hanya menumpang lewat di depan garis gawang. Di sisi lain, tak seorang pun rekan yang sempat menyambar bola.

Selepas turun minum, Barito Putera langsung menggantikan. Abdul Aziz yang tak banyak berkontribusi di babak pertama, akhirnya digantikan Hasim Kipuw.

Peluang bagus diperoleh Mike Ott di menit 50, seusai menerima umpan terobosan dari Bagas Kaffa. Pun bola hanya melintasi gawang tuan rumah.

Hokky Caraka nyaris menggandakan keunggulan tuan rumah di menit 57, seusai memanfaatkan kelengahan pertahanan Barito. Namun kiper Ega Rizky Pramana berhasil menepis tembakan Hokky dari sudut sempit,

Akan tetapi di menit 70, Hokky Caraka tidak lagi membuang peluang mencetak gol.

Berawal umpan silang Abduh Lestaluhu ke kotak penalti, Hokky berdiri cukup bebas untuk mengontrol bola, lalu menembak ke gawang.

Sebelum gol tersebut PSS menambah dua penyerang tambahan. Elvis Kamsoba dan Riki Ajak yang baru didatangkan, diturunkan sebagai pemain pengganti.

Sementara Barito menyegarkan lini serang dengan memasukkan Eksel Runtukahu dan Buyung Ismu Lessy di menit 71. Mereka menggantikan Frendy Saputra dan Mike Ott.

Kemudian di menit 76, Devid de Silva melakoni debut bersama Barito Putera. Striker kelahiran Brasil ini menggantikan Gustavo Tocantins.

Kombinasi pemain baru PSS nyaris mencetak gol di menit 80. Elvis melepas umpan terobosan, lalu disambaran sepakan Ajak. Akan tetapi si kulit bundar masih membentur tiang gawang.

Barito akhirnya dapat memperkecil ketertinggalan di menit 84. Eksel Runtukahu berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola rebound hasil tembakan Murilo Mendes.

Eksel nyaris mencetak brace di menit 85, seusia mendapat umpan Devid de Silva. Namun Thales Natanael mampu melakukan blok krusial di kotak penalti.

Hingga pertandingan berakhir, Barito tidak mampu mencetak gol penyama. Justru Rizky Rizaldi Pora mendapat kartu merah langsung, setelah peluit akhir dibunyikan. Diduga pemain senior ini melontarkan kalimat yang tak menyenangkan kepada wasit.

Hasil tersebut memutus rekor 6 pertandingan tak terkalahkan yang dicetak Barito. Sebaliknya PSS Sleman mengakhiri catatan negatif berupa 10 pertandingan tanpa pernah menang.

Adapun di klasemen sementara, Barito Putera masih berada di peringkat ketujuh dengan 28 poin. Jarak dengan championship series atau peringkat keempat, masih 6 poin.

Editor


Komentar
Banner
Banner