Habar Pemilu 2024

Bantuan Dana untuk Parpol di Banjarbaru Naik Menjadi Rp1,6 Miliar

Bantuan dana sebesar Rp1,6 Miliar lebih telah diserahkan Bakesbangpol kepada parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Banjarbaru.

Featured-Image
Kepala Kesbangpol Banjarbaru, Rizana Mirza. Foto : apahabar.com/ Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Bantuan keuangan atau dana sebesar Rp1,6 Miliar lebih telah diserahkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) kepada partai politik (parpol) yang mendapatkan kursi di DPRD Banjarbaru.

Kepala Bakesbangpol Banjarbaru, Rizana Mirza mengungkapkan, tercatat ada 9 parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Banjarbaru. 

“Alhamdulillah, di Banjarbaru untuk satu suara hitungannya Rp14 ribu. Ada kenaikan jika dibanding tahun sebelumnya Rp10 ribu-an,” ujarnya Kamis (9/11).

Bantuan dana senilai Rp1,6 Miliar tersebut, merupakan hasil dari perhitungan total perolehan suara dari 9 parpol pada 2019 lalu, yakni sebesar 114.647.

"Jika dihitung dengan satu suara sebesar Rp14 ribu, maka total bantuan keuangan parpol yang digelontorkan sebesar Rp1,605 miliar," kata dia.

Sumbernya, lanjut Rizana dari APBD murni tahun anggaran 2023.

Bantuan keuangan parpol ini sebutnya berfokus pada dua hal. Pertama, untuk operasional parpol. Kedua, untuk pendidikan politik bagi konstituen parpol itu.

“Bantuan keuangan ini diprioritaskan untuk pendidikan politik, sehingga mereka bisa menjalankan fungsi sebagai parpol dengan baik,” tuntasnya.

Adapun bantuan dana untuk parpol ini diserahkan pada Selasa (7/11) lalu. 

Editor


Komentar
Banner
Banner