Tak Berkategori

Bantah Kabar Hoaks, Satgas Covid-19 Balangan: Jangan Takut Vaksin

apahabar.com, PARINGIN – Satgas Covid-19 Balangan himbau masyarakat jangan takut vaksin. Pasalnya, 84 persen warga sudah…

Featured-Image
Satgas Covid-19 Balangan gelar konfrensi pers terkait kabar hoax usai vaksin seorang warga lumpuh, Selasa (19/1). Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Satgas Covid-19 Balangan himbau masyarakat jangan takut vaksin. Pasalnya, 84 persen warga sudah melakukannya tak mengalami efek buruk.

“Karena sampai saat ini capaian vaksinasi kita di Balangan sudah mencapai 84 persen dari keseluruhan warga, yang artinya kita semua baik-baik saja,” kata Sekretaris Satgas Covid-19 Balangan, H Rahmi, Rabu (19/1).

Sebagai Plt Kepala BPD Balangan, Rahmi juga memastikan jika ada gejala timbul usai vaksin Covid-19 segera lapor kepada petugas pelayanan kesehatan terdekat.

Petugas dipastikan berkomitmen cepat tanggap menyikapi laporan dari masyarakat.

Sementara itu, belakangan ini heboh kabar seorang warga Desa Lok Panginangan Kecamatan Lampihong lumpuh akibat divaksin.

Namun setelah dikroscek ternyata hoax. Direktur RSUD Balangan dr Sudirman menegaskan berita itu tidak benar.

“Dapat kami sampaikan bahwa informasi yang telah beredar tersebut tidaklah benar,” kata Sudirman.

Kronologinya kata Sudirman, pada Sabtu (15/1) pasien datang ke IGD RSUD Balangan dengan keluhan nyeri kepala terasa berat, badan lemas, mual dan muntah, selama kurang lebih satu pekan.

“(Namun) Dari hasil anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang laboratorium, diagnosa sementara pasien dari dokter spesialis penyakit dalam adalah infeksi saluran kemih dan Hepatitis B,” jelas dia.

Kemudian, lanjut dia, dari dokter spesialis saraf diagnosa sementara mengarah ke encephalopathy hepatikum, tumor di dalam kepala, meningoencephalitis. “Dan dari dokter spesialis mata mengarah ke papilledema,”

Pasien sendiri ujarnya, akan direncanakan melakukan pemeriksaan CT SCAN kepala dan mata sebelah kiri.



Komentar
Banner
Banner