Hot Borneo

Banjir di Tanah Laut, Jalan Poros Bajuin dan Rumah Warga Pelaihari Terendam

Hujan terus mengguyur Kabupaten Tanah Laut hingga saat ini, mengakibatkan jalan dan rumah warga terendam banjir, Kamis (26/1/2023).

Featured-Image
Sejumlah kendaraan roda empat saat melintas jalan poros di Kecamatan Bajuin, Tanah Laut terobos banjir. Foto-apahabar.com/Ali Chandra

bakabar.com, PELAIHARI - Hujan terus mengguyur Kabupaten Tanah Laut hingga saat ini, mengakibatkan jalan dan rumah warga terendam banjir, Kamis (26/1/2023).

Selain di Kecamatan Takisung, banjir juga merendam jalan poros di Kecamatan Bajuin dan rumah warga Desa Atu Atu RT 1, Kecamatan Pelaihari.

Dari pantauan bakabar.com, selain banjir dipicu derasnya hujan yang mengguyur sejak Rabu (25/1/2023) malam, juga akibat meluapnya sungai di desa tersebut.

Sejumlah pengendara roda dua dan empat kesulitan untuk menerobos banjir di jalan poros Bajuin. Pasalnya ketinggian air lebih setinggi lutut orang dewasa.

Pengendara roda dua yang nekat melintasi banjir, tampak kemogokan, karena motornya kemasukan air.

Sementara itu, pemuda Desa Atu Atu terlihat membantu mengatur arus lalu lintas. Mereka juga berjibaku mendorong motor warga yang kesulitan melintas.

"Mulai terjadi banjir sekitar pukul 10.00 WITA, Kamis 26 Januari 2023, air mulai kelihatan naik ke jalan, banjir tersebut disebabkan dari air sungai yang tidak lancar," kata Ibrahim salah satu warga saat di lokasi banjir.

Ia berharap, Pemkab Tala membenahi aliran sungai di Desa Atu Atu, karena banjir seperti ini sering terjadi saban tahun kala musim hujan.

"Puluhan rumah di Desa Atu Atu banyak yang terendam, bahkan tahun lalu banyak elektronik yang mengalami kerusakan karena terendam air," ucapnya.

Sementara itu, Sifa salah satu pemilik rumah yang terendam banjir berharap, batas sungai dengan halaman rumahnya, dibikin siring sebagai antisipasi luapan sungai tidak ke rumahnya.

"Air sudah masuk ke dalam rumah tapi belum begitu tinggi, kalau tahun lalu barang elektronik juga ada yang rusak karena terendam air," keluhnya.

Baca Juga: Hujan Deras, Jalan dan Rumah Warga di Tanah Laut Terendam

Editor
Komentar
Banner
Banner