News

Bangun Pagi Tetap Segar Meski Tidur Kurang dari 8 Jam, Coba Tips Ini

Ada sejumlah cara sederhana yang dinilai mampu membuat Anda bisa tetap segar meski kurang tidur. Tentunya cara ini sehat.

Featured-Image
Ilustrasi/kumparan.com

DURASI tidur sekitar 8 jam dibutuhkan orang dewasa dengan usia 26-64 tahun. Namun, kebanyakan orang tentu pernah mengalami tidur kurang dari 8 jam, karena baru bisa istirahat pada larut malam lalu harus kembali beraktivitas pada pagi hari.

Salah satu langkah instan yang kerap diambil adalah mengonsumsi kafein. Namun, ternyata cara itu kurang baik dan malah akan membuat tubuh menjadi lemah.

Ada sejumlah cara sederhana yang dinilai mampu membuat Anda bisa tetap segar meski kurang tidur. Tentunya cara ini sehat.

Seperti dilansir laman classycareergirl.com yang dikutip liputan6.com, berikut 5 cara yang dinilai ampuh buat Anda segar kembali meski kekurangan tidur:

1. Bangun Tidur Buka Jendela

Salah satu cara agar terus segar saat bangun tidur, meski jam tidur kurang adalah dengan membuka jendela sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam kabar.

Alangkah lebih baiknya apabila sejenak Anda berdiri di jendela yang terbuka dan mendapatkan paparan sinar matahari pagi.

Ini akan membantu Anda menghilangkan perasaan buruk dan merangsang seluruh indra di tubuh.

2. Jauhkan Diri dari Secangkir Kopi

Nah, bagi para penggemar kopi ini sulit. Meski kopi dapat membuat mata Anda terbuka saat ngantuk datang, tetapi hal semacam ini tak sepenuhnya baik.

Untuk membuat tubuh dapat segar secara alami, meski jam tidur kurang, air putih adalah solusinya. Konsumsi air putih pada saat bangun tidur.

Kemudian, pada siang harinya bisa Anda lanjutkan dengan meminum jus buah segar.

3. Regangkan Tubuh

Langkah lain yang bisa Anda ambil yaitu aktivitas kecil seperti jogging jarak pendek serta melakukan peregangan tubuh.

Untuk peregangan sendiri bisa Anda lakukan di dalam kamar. Selain membuat mata terbuka dan terhindar dari rasa ngantuk, olahraga kecil juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

4. Mandi dengan Kombinasi Air Panas dan Dingin

Penelitian mengatakan bahwa mandi dengan air panas dapat menyebabkan kantuk. Tetapi kombinasi mandi air panas dan dingin mampu merangsang indera Anda dan membantu Anda mempersiapkan diri untuk menjalankan aktivitas.

Caranya, pertama Anda mandi dengan air dingin. Setelah itu atur keran air menjadi air panas. Kombinasi panas-dingin-panas ini diyakini mampu mengusir semua kemalasan.

5. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik juga dapat merangsang tubuh Anda menjadi lebih segar dan semangat untuk menjalani hari.

Namun, hal yang perlu diingat adalah musik yang didengarkan adalah lagu yang membawa semangat. Jangan mendengarkan lagu slow agar tidak terbawa suasana lalu ngantuk.

Silakan coba.(*)

Editor
Komentar
Banner
Banner