Kalsel

Bahaya! Kabel Bertegangan Tinggi di Desa Guntung Besar Menjuntai ke Tanah

apahabar.com, PELAIHARI – Dianggap membahayakan nyawa warga dan ternak, kabel listrik bertegangan tinggi yang menjuntai ke…

Featured-Image
Kabel listrik menjuntai di desa Desa Guntung Besar, Pelaihari.Foto-apahabar.com/Chandra

bakabar.com, PELAIHARI - Dianggap membahayakan nyawa warga dan ternak, kabel listrik bertegangan tinggi yang menjuntai ke tanah disoal warga Desa Guntung Besar RT 03, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

"Kondisi semrawut-nya kabel-kabel PLN sudah berlangsung lebih dari 5 tahun," kata Sairi Rahmi warga setempat, Kamis kemarin (19/9/2019).

Warga desa meminta kepada PLN untuk menyediakan tiang permanen sebagai penyangga kabel-kabel tersebut. Sebab selama ini, kabel-kabel itu hanya disangga pada di batang-batang pohon.

"Sewaktu-waktu batang kayu penyanggah kabel bertegangan listrik yang tinggi itu bisa roboh, termasuk yang dikaitkan di pohon-pohon yang selalu bergoyang pohonnya, maka kabel pun pasti akan gampang mudah putus," sebutnya.

Bahayanya, lagi lanjut dia, seumpama ada kabel yang terkelupas di saat musim hujan, maka akan membahayakan warga atau ternak yang melintas.

Senada dengan Sairi, Ketua Jaringan Pemantau Kebijakan Pemerintah (JPKP) Tala Muhammad Noor mengatakan, kabel listrik PLN bertegangan tinggi sangat jelas terlihat berada menjuntai, yakni di jalan Desa Guntung Besar Kecamatan Pelaihari dan juga di Wilayah Desa Batilai.

"Bahkan bentangan kabelnya terlindung dari tumpukan ranting daun-daun sampai ke tanah," sebut M. Noor, Jumat (20/09).

Ada pula patahan ranting pohon yang sudah mengering dan menggelantung di kabel tersebut. Ke semua jaringan listrik terlihat semrawut, hanya diikatkan di batang-batang pohon, dan selebihnya hanya di penyangga batang-batang bambu maupun batang-batang pohon yang terlihat kering.

Menanggapi keluhan warga, PLN Pelaihari Melalui General Manager ULP PT. PLN (Persero) Pelaihari M.Iqbal mengatakan, PLN berkomitmen dan sudah memproses usulan-usulan perbaikan.

"Dalam setiap prosesnya memang butuh waktu, bagi PLN Pelaihari juga berharap segera ada keputusan untuk segera pula mengeksekusi," katanya.

Pun demikian terhadap usulan yang lama, sambungnya, maka itu di follow up kembali ke manajemen di atas.

"Seperti apa, dan sampai di mana, termasuk data-data yang diperlukan dievaluasi kembali," ujarnya.

Menurutnya, PLN berkomitmen untuk kenyamanan kelistrikan agar bisa dirasakan masyarakat khususnya di Kabupaten Tanah Laut.

Baca Juga: Sudah Dua Pekan, Bandara Beringin Tutup Jadwal Penerbangan

Baca Juga: Tak Kuat Menanjak, Truk 'Jumping' Bikin Lalu Lintas Tersendat

Reporter: AHC14
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner