Arus Balik 2023

Arus Balik Lebaran Masih Padat, Korlantas Polri Perpanjang Skema One Way

Korlantas Polri memperpanjang arus one way imbas padatnya kendaraan dari arah timur pulau Jawa.

Featured-Image
Jalan Tol Cipularang-Purbaleunyi-Bandung akan diterapkan rekayasa lalu lintas pada mudik Lebaran 2023. Foto: apahabar.com/BS

bakabar.com, JAKARTA - Korlantas Polri menyatakan telah memberlakukan skema one waydan contraflow di hari kedua arus balik Lebaran 2023. Hal itu dilakukan mulai dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang hingga Km 72 GT Cikampek.

"Saat ini, rekayasa lalu lintas one way sudah dilaksanakan dari Km 414 (GT Kalikangkung), sampai dengan Km 72 (GT Cikampek). Dilanjutkan dengan rekayasa contraflow 2 lajur dari Km 72, sampai dengan Km 47 Ruas Jakarta-Cikampek," ujar Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi kepada wartawan, Rabu (26/4).

Baca Juga: Arus Balik 2023: Tol Semarang-Jakarta Padat Merayap!

Dengan pertimbangan tersebut, Eddy menyatakan akan memperpanjang skema one way hingga tengah malam nanti.

"Berdasarkan hal tersebut, maka rekayasa lalu lintas one way di hari kedua arus balik yang dijadwalkan selesai pada Selasa, (25/4) pukul 24.00 WIB akan terus dilanjutkan. Perpanjangan wilayah lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Rabu, (26/4) pukul 24.00 WIB," katanya.

Keputusan perpanjangan tersebut akan memperhatikan kondisi kepadatan di lapangan. Pertimbangan kepadatan kendaraan di lapangan pada arus balik hari ketiga ini akan menjadi pertimbangan dalam memperpanjang kembali skema one way.

"Apabila pada periode perpanjangan tersebut kondisi lalu lintas dilihat dari traffic counting, CCTV, dan laporan petugas di lapangan terjadi penurunan, maka rekayasa one way dapat dihentikan sebelum jadwal yang ditentukan," tuturnya.

"Sebaliknya, apabila pada periode tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume kendaraan yang signifikan, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa one way," pungkasnya.

Baca Juga: Hadapi Arus Balik, 'One Way' Kalikangkung ke Cikopo Diperpanjang

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya agar tetap mengawal kelancaran arus balik.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada anggotanya agar tetap ada di jalan dan mengamankan arus balik Lebaran 2023 karena adanya potensi pergeseran puncak arus yang diperkirakan berlangsung hingga Minggu (30/4).

"Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini, ada distribusi sampai hari Minggu nanti. Saya minta anggota siap siaga baik tol maupun arteri, sehingga distribusi dari puncak arus balik semua masyarakat terlayani," katanya di Jakarta, Rabu (26/4).

Editor


Komentar
Banner
Banner