Tak Berkategori

Areal Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di Kalsel Dijaga Ketat Aparat

apahabar.com, BANJARMASIN – Rangkaian pelaksanaan Pemilu 2019 sudah memasuki tahap rapat pleno tingkat provinsi. Di Kalimantan…

Featured-Image
Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani meninjau rekapitulasi terbuka hasil perhitungan perolehan suara pesta demokrasi di Rattan Inn. Foto-Humas Polda Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN – Rangkaian pelaksanaan Pemilu 2019 sudah memasuki tahap rapat pleno tingkat provinsi. Di Kalimantan Selatan sendiri, rekapitulasi terbuka hasil perhitungan perolehan suara pesta demokrasi tersebut akan diselenggarakan di hotel Rattan Inn, Jalan Ahmad Yani KM 5,7, Kelurahan Pemurus Dalam, Banjarmasin Selatan, Rabu (8/5) besok.

Menyikapi hal ini, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani menerjunkan 500 personelnya dibantu dari prajurit TNI Korem 101/Antasari sebanyak 30 personel. Ratusan petugas keamanan itu untuk mengamankan proses rekapitulasi perhitungan suara.

Bahkan Kapolda Kalsel bersama pejabat utama langsung hadir guna mengecek para personil keamanan di Hotel Rattan Inn dan kantor KPU Kalsel. Pengecekan dilakukan untuk memastikan para personel siap siaga. Dari pengecekan tersebut, baik personel Polri maupun TNI siap mengawal seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2019.

Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Mochamad Rifai mengatakan pengamanan dilakukan berlapis di titik pengamanan hingga ruang rapat, bahkan setiap orang yang masuk ruangan harus melalui garis pemeriksa semacam metal detektor.

“Kita sudah siapkan pengamanan menjadi tiga ring, mulai dari gerbang masuk, hingga ruang rekapitulasi perhitungan suara. Sejauh ini situasi keamanan tetap kondusif, namun begitu tidak akan menurunkan tingkat kewaspadaan kami mengantisipasi kerawanan atau gangguan keamanan,” kata Kombes Pol Mochamad Rifai kepada bakabar.com di ruang kerjanya.

Menurut Rifai, selama melakukan rencana pengamanan, aparat selalu berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel sebagai penyelenggara pemilu 2019.

"Kami tidak hanya menurunkan personel dengan bersenjata lengkap, tetapi kami juga menerjunkan sejumlah anggota yang punya keahlian khusus. Dan yang pasti, kami selalu koordinasi dengan KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2019,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Divisi Teknis KPU Kalsel Hatmiati Mas’ud mengatakan, rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara ini ditargetkan selesai maksimal tiga hari. Proses rekapitulasi ini dilakukan secara terbuka dan langsung disaksikan oleh semua perwakilan partai politik.

"Jadi agendanya pada hari ini kita lakukan pertemuan dengan KPU Kabupaten – Kota untuk persiapan pleno. Sedangkan puncaknya pada Rabu dan Kamis," ucap Hatmiati.

Baca Juga: Hujan Interupsi, Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Banjarmasin Molor

Baca Juga: Prihatin Petugas Pemilu Berguguran, Pemprov Kalsel Usulkan Payung Hukum Pemberian Santunan ke Pusat

Baca Juga: Dituding Politik Uang, Habib Banua Balik Melawan !

Baca Juga: Update Penghitungan KPU di Kalsel, 7 Mei: Prabowo Salip Jokowi di Tanbu

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif

Komentar
Banner
Banner