Apkasi Expo Otonomi

Apkasi Expo 2023, Tanah Laut Tak Cuma Pamer Sasirangan

Stan Kabupaten Tanah Laut tak hanya pamer Sasirangan di Apkasi Expo Otonomi (AEO) 2023. Mereka juga mengajak para pengunjung datang be

Featured-Image
Stan milik Pemkab Tanah Laut di Apkasi Otonomi Expo 2023. apahabar.com/Tommy

bakabar.com, TANGERANG - Stan Kabupaten Tanah Laut tak hanya pamer Sasirangan di Apkasi Expo Otonomi (AEO) 2023. Mereka juga mengajak para pengunjung datang berinvestasi ke Kalimantan Selatan.

"Sangat banyak yang kami tawarkan di sini," jelas Kabid Penamaan Modal Dinas Penanaman modal dan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Tanah Laut M. Rohayat kepada bakabar.com.

Baca Juga: Masuk PSN tapi Bergerak Lambat, Bos Tambang Tala Soroti KIK Jorong

Namun pihaknya memilih fokus untuk menawarkan investasi yang ada di Kabupaten Tanah Laut. Salah satunya kawasan Industri Jorong yang merupakan proyek strategis nasional andalan Presiden Joko Widodo.

Proses pengembangan KEK Jorong terus bergulir di Kementerian ESDM. Pemkab Tanah Laut siap memberi 'karpet merah' bagi setiap investor yang berminat.

Baca Juga: Megaproyek Kereta Api Kalsel Belok ke Jorong: Tak Mudah Mengintegrasikan KEK

Kawasan Industri Jorong memiliki luas mencapai 900 hektare. Saat ini, sebut Rohayat sudah ada beberapa investor besar yang tertarik menanam modal.

"Kita juga baru saja menyiapkan tata ruang di kawasan Industri Jorong, karena di sana memiliki banyak potensi, seperti pelabuhan, dan calon industri yang akan dibangun ada perusahaan PLTU juga transportasi," ungkap dia.

Baca Juga: Serius Garap Kawasan Industri Jorong Tanah Laut, Grup WPR Siapkan Master Plan

Terlepas dari KEK Jorong, Pemkab Tanah Laut juga menawarkan produk-produk UMKM di AEO 2023. Salah satu produk andalannya yaitu kain sasirangan. Yang saat ini sudah laku keras selama tiga hari perhelatan pameran akbar tersebut.

Sasirangan merupakan batik khas Kalimantan Selatan. "Cuma kami punya ciri khas yang berbeda dari kota dan kabupaten lain di Kalsel," jelasnya.

"Alhamdulillah banyak penggemarnya, meskipun kita pemain baru produk kita jadi primadona di batik sasirangan," ujarnya mengakhiri.

Editor


Komentar
Banner
Banner