Religi

Apa Saja yang Dibaca Saat Ziarah Kubur?

Ziarah kubur adalah salah satu amalan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW melalui berbagai riwayat hadits.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Ziarah kubur adalah salah satu amalan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW melalui berbagai riwayat hadis.

Alangkah baiknya bila amalan tersebut diiringi dengan bacaan yang tepat saat berziarah. Apa saja yang dibaca saat ziarah kubur?

Sebelumnya, mengutip buku Aktivasi Mukjizat Hari Jumat karya Rizem Aizid, dijelaskan bahwa secara umum makna dari ziara" adalah menengok. Menengok atau mengunjungi kuburan untuk ikut mendoakan dan memintakan ampun bagi ahli kubur.

Baca Juga: Apa Hukumnya Tabur Bunga Saat Ziarah?

Mendoakan para penghuni kubur ini tertulis pada firman Allah SWT pada Al Qur'an surah Al Hasyr ayat 10. Allah SWT berfirman,

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ١٠ ࣖ

Artinya:"Orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar) berdoa, "Ya Tuhan kami, ampunilah kami serta saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu daripada kami dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami kedengkian terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

Selanjutnya, dalam melakukan ziarah kubur kita bisa membaca beberapa salam dan doa yang disunnahkan. Berikut adalah beberapa bacaan yang dibaca saat ziarah kubur.

1. Mengucapkan Salam

Mengutip dari Buku Pintar 50 Adab Islam karya Arfiani, peziarah disunnahkan mengucapkan salam kepada ahli kubur. Salam dapat dibaca sembari menghadap kepada arah kuburan.

Hal ini sesuai dengan riwayat Ibnu Abbas RA, menyampaikan bahwa ketika Nabi Muhammad SAW melewati kuburan di Madinah. Beliau kemudian menghadapkan wajahnya ke kuburan tersebut sambil mengucapkan salam kepada penghuninya,

"Assalaamu 'alaikum, ya ahlal quburi yaghfirullaahu lanna wa lakum antum salafunaa wa nahnu bil atsari"

Artinya:"Semoga keselamatan tetap atas kamu, wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kamu. Kamu orang-orang yang mendahului kami, dan kami akan menyusul (orang-orang terdahulu)." (HR At-Tirmidzi)

Atau salam lainnya yang dapat dibaca seperti,

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Bacaan latin: Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun"

Artinya:"Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian."

2. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Bacaan latin: "Astaghfirullah hal adzim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaihi."

Artinya:"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepadaNya."

3. Membaca Doa dan Surat Pendek

Menurut keterangan hadis, Rasulullah pernah menziarahi kuburan sahabatnya dan memohon ampunan untuk mereka. Dibolehkan untuk mengangkat tangan ketika berdoa dan disarankan untuk menghadap kiblat.

Kemudian diiringi dengan membaca surat pendek seperti, surat Al Fatihah, surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Dengan membaca surat pendek, orang yang hadir diharapkan mendapat pahala. Sementara bagi almarhum atau almarhumah diharapkan akan mendapat rahmat.

"Bila kalian masuk ke dalam taman makam (kuburan), maka bacalah Al Fatihah, Al Ihlash, dan Al Mu'awwidzatain! Jadikanlah pahalanya untu mayit-mayit kuburan tersebut karena sungguh pahalanya akan sampai pada mereka." (HR Al Marwazi).

4. Membaca Surah Yasin

Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hukum membaca surah Yasin saat berziarah kubur. Sebagian ulama fikih berpendapat hukum membaca surat Yasin saat ziarah kubur adalah fadha'ilul 'amal. Maksudnya adalah amalan utama yang dilakukan untuk tujuan kebaikan.

Buku eletronik Kumpulan Tanya Jawab Islam Hasil Bahtsul Masail dan Tanya Jawab Agama Islam menjelaskan, keputusan ini diambil karena tidak ada hadis shahih tentang sunnah membaca Al-Qur'an saat ziarah kubur. Semua dalil tentang membaca surah Yasin bersifat dhaif seperti dijelaskan ulama Al Mubarakfuri dalam Tuhfah Al Ahdzawi Syarah Sunan At Tirmidzi.

Dengan statusnya yang dhaif bukan berarti amalan membaca surat Yasin saat ziarah kubur tidak boleh dilakukan. Hukum membaca surat Yasin saat ziarah kubur adalah legal, termasuk amalan serupa yang dilakukan di samping orang meninggal.

Manfaat dari ziarah kubur adalah agar muslim selalu mengingat bahwa kematian itu dekat dan kehidupan akhirat itu sangat utama. Dengan mengetahui dan memahami doa yang dibaca saat ziarah kubur semoga kita dapat meraih pahala-Nya serta ikut membantu mendoakan pendahulu kita.

Baca Juga: Tata Cara, Doa, dan Hikmah Melaksanakan Ziarah

Editor


Komentar
Banner
Banner