Kalsel

Antisipasi Bencana Sosial, Komunitas Adat di Kaki Meratus Ikuti Bimtek Kemensos

apahabar.com, BARABAI – Empat perwakilan Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang mendiami kaki Gunung Meratus di Kabupaten…

Featured-Image
Masyarakat adat HST dari Desa Hinas Kiri, BAT mengikuti Bimek dari Kemensos RI di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Jumat (6/9). Foto-Indra for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Empat perwakilan Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang mendiami kaki Gunung Meratus di Kabupaten HST mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek digelar oleh Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI di Hotel Mercure Ancol sejak Kamis 4-7 September 2019.

Empat perwakilan itu berasal dari Desa Hinas Kiri Kecamatan Batang Alai Timur (BAT).

Bimtek kali ini, kata Pendamping KAT sekaligus Pendamping Keserasian Sosial HST, Indra Fironi mengusung Program Keserasian Sosial.

“Tak hanya dalam konteks bencana sosial, juga mencegah maupun mengatasi konflik dalam masyarakat,” kata Indra saat dihubungi bakabar.com, Jumat (6/9).

Bimtek diarahkan langsung oleh Menteri Sosial Ri, Agus Gumiwang. Sedangkan materi Bimtek Pencegahan Konflik diisi oleh Deputi 1 Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Masmun Yan Mangesa dan Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Dirjen Linjamsos) RI, Harry Hikmat.

Dalam Bimtek itu, terang Indra, lebih ditekankan penguatan kearifan budaya lokal yang dilakukan oleh masyarakat adat terpencil.

“Ini juga termasuk dalam rangka persiapan HST sebagai tuan rumah Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) di Provinsi Kalsel. Yang mana salah satu lokasi untuk direesmikan dan dikunjungi oleh Kemensos pada Desember 2019 nanti,” kata Indra.

Bimtek itu dihadiri oleh 21 provinsi dengan jumlah peserta sebanyak 480 se-Indonesia. Selama kegiatan, para peserta diwajibkan untuk menggunakan pakaian adat daerah masing-masing.

“Termasuk juga menampilkan tradisi adat masing-masing,”jelas Indra.

Sebagai tindak lanjut pemberdayaan, masyarakat KAT akan mengikuti pelatihan home industri di Jakarta pada 23 September nanti.

Selain Pendamping KAT sekaligus Keserasian Sosial HST, Indra, kegiatan itgu juga dihadiri oleh Kabid Dayasos Dinsos dan Wahyuni dan Dinsos Provinsi yang diwakili Husni.

Baca Juga: Sistem Akuntabilitas Rendah, Sekda HST Minta Bimtek dari Kementerian

Baca Juga: Guna Peningkatan Kualitas Tata Kelola, PUPR Gelar Bimtek

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner