Bencana Geologi

Antisipasi Bencana Geologi, Posko Sektor ESDM: Kami Terus Berkoordinasi

Posko Nasional sektor ESDM memastikan pihaknya sudah melakukan koordinasi terkait kebencanaan geologi.

Featured-Image
Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. (Foto: dok.ESDM)

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Posko Nasional sektor ESDM Ramadan dan Idulfitri 1444 Hijriah Erika Retnowati memastikan pihaknya sudah melakukan koordinasi terkait kebencanaan geologi. Hal itu menyusul terjadinya gempa bumi bermagnitudo 7,3 di Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Untuk itu, dirinya sudah berkoordinasi agar badan usaha segera melakukan asesmen dan evaluasi infrastruktur energi di wilayah terdampak.

"Saat ini Posko Nasional Sektor ESDM terus berkoordinasi guna memastikan tidak ada dampak signifikan terhadap penyaluran energi di wilayah terdampak gempa bumi," terangnya.

Sementara itu, menghadapi arus balik yang diprediksi berlangsung hingga akhir pekan ini, Posko Nasional Sektor ESDM juga memastikan ketersediaan dan penyaluran BBM tersedia dengan baik.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2023, BPH Migas dan Pertamina Siagakan 7.491 SPBU

Pasca-Idulfitri 2023, Komite BPH Migas beserta Eselon II dan jajaran terus melakukan pemantauan pasokan energi di berbagai wilayah. Tim pengawas juga bekerja untuk memastikan keandalan pasokan energi, terutama di wilayah yang mayoritas merayakan Idulfitri 1444 H.

Selain itu, daerah wisata yang menjadi destinasi masyarakat, jalur lintas utama maupun logistik, serta wilayah rawan kemacetan maupun rawan bencana, seperti Sumatera Barat tetap menjadi prioritas.

"Kami terus memonitor secara langsung pasokan BBM, gas bumi, elpiji, ketenagalistrikan, dan kebencanaan geologi," lanjutnya.

Periode libur lebaran tahun ini lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya, karena itu komunikasi intensif serta sinergitas dengan badan usaha energi dan stakeholder lain menjadi kunci agar masyarakat dapat beraktivitas dengan nyaman.

Baca Juga: Stok BBM, Posko Nasional ESDM: Aman untuk Periode Arus Balik Lebaran

Di samping itu, pengendara yang melakukan perjalanan kembali ke kota asal diharapkan mempersiapkan dengan baik segala sesuatunya, termasuk pengisian BBM.

"Kami mengimbau masyarakat dapat melakukan pengisian BBM dengan mempertimbangkan kepadatan arus balik menuju kota asal. Pasokan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kami pastikan tersedia dengan baik," tutupnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner