Borneo Hits

Antisipasi Banjir di Cempaka Banjarbaru, Sungai Kuranji Segera Dinormalisasi 

Normalisasi sungai Kuranji di Cempaka Banjarbaru akan dilakukan tahun ini. 

Featured-Image
Sekdakot Banjarbaru Said Abdullah ketika mengunjungi lokasi kebakaran yang tepat di bantaran Sungai Kuranji. Foto: MC Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Salah satu upaya mengurangi banjir di Banjarbaru, normalisasi Sungai Kuranji di Kecamatan Cempaka akan dilakukan dalam tahun anggaran 2024. 

Normalisasi dilakukan mulai bagian hulu atau atas yang berada di Embung Gunung Kupang. Baru kemudian di bagian hilir atau dekat permukiman yang terbakar, Sabtu (16/3) lalu. 

"Direncanakan sungai diperdalam dan dilebarkan," jelas Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru, Deny Pramudji, Kamis (21/3).  

Baca Juga: Korban Kebakaran di Cempaka Banjarbaru Akan Disewakan Rumah

Baca Juga: Amuk Api di Cempaka Banjarbaru, Belasan Bangunan dan Sebuah Musala Terbakar

Sementara anggaran dana masih dalam proses penghitungan, "Apabila memungkinkan menggunakan APBD, maka akan menggunakan dana kegiatan rutin tahun anggaran 2024," tambah Deny.

Normalisasi sungai merupakan salah satu mitigasi banjir di Banjarbaru, selain pembuatan embung di Gunung Kupang dan relokasi warga yang mendiami bantaran sungai. 

"Sosialisasi terkait relokasi akan segera dilakukan kepada masyarakat Cempaka yang tinggal di bantaran Sungai Kuranji," tandas Deny.

Diketahui relokasi sudah direncanakan. Adapun relokasi menggunakan lahan seluas sekitar 2 hektare di dekat embung. 

Editor
Komentar
Banner
Banner