Sport

Antara Kekecewan dan Optimisme Fans Barito Jelang Bergulirnya Liga 1 2019

apahabar.com, BANJARMASIN – Jelang kompetisi Liga 1 2019 bergulir, nama pelatih Jacksen F Tiago ramai diperbincangkan….

Featured-Image
Fans Barito Putera saat memberikan dukungan di vip Stadion 17 Mei Banjarmasin. Foto-apahabar.com/AHC10

bakabar.com, BANJARMASIN – Jelang kompetisi Liga 1 2019 bergulir, nama pelatih Jacksen F Tiago ramai diperbincangkan. Mengingat musim ini merupakan kesempatannya yang terakhir mempersembahkan gelar untuk Barito Putera.

Sejak dua musim lalu, Jacksen didatangkan manajemen Laskar Antasari dengan harapan besar. Ia direkrut selama tiga musim menggantikan Mundari Karya.

Mundari yang dianggap gagal, lebih dulu menggantikan Salahudin. Salahudin yang kini melatih Persiba Balikpapan telah sukses membawa Barito juara Divisi Utama sekaligus naik kasta tertinggi kompetisi sepakbola tanah air.

Lantas, di bawah Jacksen kekuatan baru pun dibentuk. Termasuk awal tahun ini. Perekrutan besar seperti Evan Dimas Darmono, Bayu Pradana, serta empat pemain asing baru. Tiga di antaranya pemain asal Brasil dan satu dari Korea.

Sayangnya, di kompetisi pra musim, Barito gagal. Pertama disingkirkan PSS Sleman di ajang Piala Indonesia. Kedua, tersingkir di penyisihan grup Piala Presiden.

Atas hasil itu, kemampuan Jacksen menangani Barito pun dipertanyakan. Keraguan sejumlah pihak makin jadi, sebab dalam beberapa laga uji coba cenderung tidak konsisten.

Tiga lawan selevel di Liga 1 2019 yang terakhir dihadapi, hanya satu yang berhasil dikalahkan. Yakni saat menghadapi Perseru Badak Lampung FC, 1-0.

Sedangkan dua lainnya, yakni PS Tira Persikabo kalah 1-4 dan menyerah dari Borneo FC, 0-2.

Total ada delapan uji coba. Lima lawan merupakan tim berada di bawah level. Semuanya memang berhasil dikalahkan.

Mulai dari Sinas Mas (6-0), Asifa Malang (7-0), PSIM Yogyakarta (1-0), dan Taruna Persada (8-0).

Akan tetapi hasil itu belum cukup membuat fans percaya kemampuan Jacksen. Namun Jacksen pun sadar itu, karena musim ini ia harus bekerja keras memadukan pemain baru.

Meski demikian, tak semua fans pesimistis. Barito Mania (Bartman), suporter yang selalu setia mendukung sejak Barito terdampar di kasta kedua Liga Indonesia, masih percaya kemampuan pelatih asal Brasil tersebut.

“Saya dan teman-teman masih sangat yakin kalau Jacksen F Tiago bisa membawa Barito Putera mampu bersaing di musim 2019,” kata dirigen Bartman, Iful kepada bakabar.com dalam pertemuan anggota di Banjarmasin, belum lama ini.

Kendati demikian, ia juga menyangkan dengan hasil yang didapat Barito selama uji coba.

“Mungkin Jacksen mencoba beberapa pemain, walau agak sedikit kecewa kita sebagai suporter, tetapi kita tahu Jacksen tidak asal asalan memainkan pemain,” sebut Iful.

“Kita percaya tim pelatih untuk membentuk kerangka tim yang lebih kuat untuk liga 1 2019,” pungkas Ipul.

Lain pula pendapat anggota Bartman lainnya, yang enggan di sebutkan namanya.

“Sebagai supoter ya pastinya mendukung tim kebanggaan Banua. Tetapi kita mau tahu juga dong, apa sih yang di rencanakan tim pelatih, contoh dalam dari perekrutan pemain kenapa sih tidak di seleksi dulu,” timpalnya.

Bartman enggan terulang kejadian beberapa tahun kemarin, Barito merekrut pemain namun saat latihan justru cedera.

“Jadikan tanggapan teman-teman alah..pemain seperti itu di rekrut. Tepati kita tetap percaya dengan musim 2019 Barito Putera bisa bersaing di Liga 1,” pungkasnya sembari diamini yang lain.

Barito sendiri akan memulai laga pembuka melawan Persija Jakarta, di Stadion 17 Mei Banjarmasin pada 20 Mei mendatang.

Empat hari kemudian, Rizky Pora dkk menghadapi Madura United di tempat yang sama. Baru setelahnya bertandang ke markas Bhayangkara FC dan Persebaya, 28 Mei dan 15 Juni 2019.

Baca Juga: Kemenangan Telak Barito Putera di Laga Uji Coba Menyisakan Luka

Baca Juga: Mantan Top Skor Barito Putera Coba Peruntungan di Madura United

Baca Juga: Dua Poin dari Persela, Gilang Bisa Tenang Jalani Ibadah Ramadan

Baca Juga: Ramadan di Keluarga Jacksen F Tiago

Reporter: Ahc10
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner