Debat Capres

Anies Serang Prabowo Soal Kesejahteraan TNI, Begini Kata Pengamat

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan langsung melancarkan 'serangan' dalam debat capres ketiga terkait isu Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, d

Featured-Image
Capres 01 Anies Baswedan. apahabar.com/Bambang Susapto

bakabar.com, JAKARTA - Capres 01 Anies Baswedan langsung melancarkan 'serangan' dalam debat capres ketiga terkait isu Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik. Ia menyinggung Capres 02 Prabowo Subianto soal kesejahteraan TNI.

Pengamat Militer dan Intelijen, Susaningtyas NH Kertopati atau yang biasa disapa Nuning, menilai jika kesejahteraan Prajurit saat ini belum bisa dikatakan cukup.

“Kesejahteraan para prajurit memang belum bisa dikatakan cukup. Belanja barang dan penggajian masih dinamis,” kata Nuning kepada bakabar.com, di Jakarta, Senin (8/1).

Baca Juga: Anies Baswedan Sentil Prabowo: Ada Ordal di Kemenhan

Lanjutnya, Nuning juga menyebut jika saat ini pemerintah perlu melakukan Diklat TNI untuk menerapkan standar dan kriteria profesionalitas prajurit TNI yang baru sesuai parameter Alutsista yang terintegrasi. 

“Justru yang penting jg pendidikan di TNI guna menaikan kualitas SDM itu yang harus dilaksanakan,” tandasnya.

Adapun menurut Nuning, organisasi TNI dapat dibenahi agar benar-benar berada kondisi siap-siaga tempur. 

Dari perspektif ilmu pertahanan, maka tuntutan kondisi tersebut harus dijawab dengan menganalisa sejauh mana efektifitas dan efisiensi organisasi TNI saat kondisi perang atau saat operasi gabungan berlangsung. 

Baca Juga: Buntut Beri Nilai 11 dari 100, Airlangga Sebut Anies Tak Beretika

Sebelumnya,Anies Baswedan,Capres nomor urut 1, menyindir capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, dengan mempertanyakan kesejahteraan TNI saat debat Pilpres 2024 ketiga.

Anies menyinggung Prabowo mengenai Prabowo yang mempunyai tanah lebih dari 340 ribu hektare.Sementara ada prajurit TNI yang tidak memiliki rumah.

Anies pun mengatakan lebih dari separuh prajurit TNI tidak punya rumah dinas.

"Tidak ada yang perlu dirahasiakan, Bapak Presiden menyampaikan Bapak punya lahan lebih dari 340 ribu hektare, sementara TNI kita prajurit kita lebih dari separuh tidak punya rumah dinas. Itu fakta, tidak perlu dibicarakan secara tertutup, itu kekurangan yang harus kita perbaiki," ujar Anies dalam debat Capres Ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1)

Editor


Komentar
Banner
Banner