Tak Berkategori

Anggaran 2023, Puluhan Program Pemkot Banjarmasin Harus Tuntas

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan program dari visi misi Banjarmasin Barasih Wan Nyaman (Baiman) harus tuntas di…

Featured-Image
Puluhan program dari visi misi Banjarmasin Barasih Wan Nyaman (Baiman) harus tuntas di tahun 2023. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN – Puluhan program dari visi misi Banjarmasin Barasih Wan Nyaman (Baiman) harus tuntas di tahun 2023.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan bahwa penuntasan program kerja ini dalam rangka menyamakan persepsi terkait dengan persiapan RKPD tahun 2023. Selain itu, strategis pemerintahan Ibnu Sina-Ariffin Noor harus rampung.

“Jangan sampai tertinggal dari visi-misi Banjarmasin Baiman. 6 misi dan 20 program prioritas. Diturunkan lagi menjadi kegiatan di masing-masing Dinas SKPD,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa Penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) ini akibat beberapa perubahan dalam aturan perundangan-undangan seperti surat sistem prospek pengelolaan uang daerah yang masih ada sedikit kendala. Antara lain baik itu prospek anggaran, dalam proses pelaksanaan ditambah lagi pada saat yang sama.

"Ada problem di internal pemerintah daerah seluruh Indonesia terkait dengan fungsionalnya jabatan struktural. Sehingga siapa yang harus bertanggung jawab dan lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Litbanda Banjarmasin, Ryan Utama menuturkan bahwa ini merupakan salah satu tahapan untuk penyusunan RKPD tahun 2023.

Pihaknya menghadirkan narasumber dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bersama Kepala Bappeda Litbanda Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Karena sesuai Permandagri 86 tahun 2017. Arah kebijakan pembangunan daerah kabupaten/kota harus diselaraskan dengan arah kebijakan pembangunan nasional dan provinsi,” tuturnya.

Lebih lanjut, bahwa ada kebijakan baru dari Menteri Dalam Negeri terkait pemutakhiran Sub kegiatan. Dimana ini sangat berpengaruh terhadap proses penyusunan dokumen perencanaan.

“Kita harus memetakan lagi dan menyesuaikan kembali kinerja-kinerja terhadap kegiatan yang ada di SKPD dengan keputusan Menteri Dalam Negeri yang baru,” jelasnya.

Diketahui, 20 program prioritas yang masuk dalam visi misi Banjarmasin Baiman agar untuk segera dicapai.

“Dalam penyusunan ini kita koordinasikan dengan SKPD terkait visi misi dan 20 prioritas kepala daerah berkaitan dengan lokasi-lokasi yang menjadi prioritas pembangunannya,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner