Tak Berkategori

Amankan Haul Guru Sekumpul ke 14, Polda Kalsel Terjunkan 22 Ribu Petugas Gabungan

apahabar.com, BANJARMASIN – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai menyiagakan 22 ribu personel gabungan dalam rangka pengamanan…

Featured-Image
Polda kalsel gekar rakor lintas sektoral terkait pengaman haul guru sekumpul ke 14 di auala rupatama Polda Kalsel.Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

bakabar.com, BANJARMASIN - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai menyiagakan 22 ribu personel gabungan dalam rangka pengamanan Haul Guru Sekumpul atau KH Zaini Abdul Ghani ke-14 sekaligus kedatangan Presiden Joko Widodo. Polri bersinergi dengan sejumlah lintas sektoral untuk menjaga keamanan bersama.

"Itu bagian wujud kepedulian kita terhadap kegiatan keagamaan. Jumlah personel ada 22 ribu terdiri dari Polri, TNI, dan masih ada pemerintah daerah, dishub, dinkes hingga relawan,” kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai kepada Wartawan Apahabar.com usai menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka pengamanan Haul ke-14 Guru Sekumpul di aula Rupatama Polda Kalsel, Rabu (6/3/2019).

Rifai menuturkan, pengamanan dimulai pada H-3 sampai H+1 Haul Guru Sekumpul yang puncaknya tanggal 9-10 Maret 2019.

Pengamanan dilakukan di sejumlah titik baik di sekitar kawasan Sekumpul, dan juga di beberapa tempat tertentu di wilayah Kabupaten Banjar dan Banjarbaru.

"Selain itu, hal penting yang juga tetap menjadi fokus bersama adalah senantiasa melakukan koordinasi, keterbaruan informasi serta mengikuti perkembangan termini terhadap dinamika lingkungan yang berkembang," tuturnya.

Baca Juga:Haul Sekumpul Ke-14, Intip Kiat Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik

Untuk urusan pengaturan lalu lintas saat Haul. Satlantas Polres Banjarbaru bersama Satlantas Polres Banjar sudah melakukan rekayasa Lalin. Rifai menyebut akan diberlakukan jalur satu arah di kondisi dan lokasi tertentu.

"Tadi juga ada masukan dari Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto, yang menyampaikan agar kantong parkir dapat diperbanyak sehingga konsentrasi kemacetan dapat terurai," tandasnya.

Menurut pemaparan Rifai, pengaman Haul Guru Sekumpul ke 14 tahun 2019 melibatkan 22 ribu personel. Rinciannya, Polda Kalsel 775 personil, Polres Banjar 573 personil, Kodim 1006/KTP 400 personil, Satpol PP / Damkar 550 personil, Dishub 150 personil, Dinkes 1100 personil, Relawan PLN 170 personil, BPBD 25 personil, Senkom 25 personil, Dispora 200 personel, dan Relawan 18.000 personil.

Baca Juga:Tenang, Stok Daging Beku untuk Haul Sekumpul Ke-14 Dijamin Aman

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner