Perempuan

Alis Menipis Seiring Bertambah Usia, tapi Ada Cara untuk Mencegahnya

Alis mata adalah bagian dari kecantikan. Tapi alis akan menipis seiring bertambahnya usia. Jangan khawatir, ada hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Featured-Image
Alis mata menipis seiring bertambahnya usia. Foto: dok. huffpost

bakabar.com, JAKARTA - Alis mata adalah bagian dari kecantikan. Tapi alis akan menipis seiring bertambahnya usia. Jangan khawatir, ada hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. 

Alis mempunyai peran penting dalam wajah manusia, di antaranya melindungi mata dari keringat atau partikel lain yang jatuh ke wajah, juga sebagai tampilan proporsional pada wajah. Namun seiring bertambahnya usia, alis pada mata perlahan akan terlihat menipis.

"Seiring bertambahnya usia proses penuaan terjadi, folikel rambut alis menua dan seringkali membuat rambut jadi lebih tipis," ujar Dr. Lian Mack, dermatologis di New York, dilansir HuffPost.

Saat mencapai usia 40an, kadar hormon estrogen atau testosterone mulai menurun dan membuat rambut menjadi rontok dan menipis. Selain itu penuaan dini menyebabkan produksi melanin dan pigmen menurun dan menyebabkan warna alis menjadi pudar.

Baca Juga: Kuas Make Up Kotor Mengandung Residu dan Bakteri, Ayo Bersihkan

Penyebab lain yang membuat terjadinya penipisan pada alis mata adalah perawatan kemoterapi, penyakit tiroid, fluktuasi hormonal hingga pola makan yang tidak seimbang. Kekurangan nutrisi seperti vitamin A, biotin, inc dan zat besi juga dapat memperlambat pertumbuhannya. 

Close Up Photo Of Kid S Eye
Close Up Photo Of Kid S Eye (Pexels.com/Ibrahem Bana)

Selain itu peran genetik juga berpengaruh. "Seseorang dengan gen rambut yang tipis lebih rentan dibanding dengan orang yang secara biologis memiliki rambut yang banyak," kata Mack.

Pencegahan

Menjalani pola makan sehat yang kaya akan kandungan antioksidan, serta kandungan lain seperti vitamin E, biotin, vitamin A, zat besi dan zinc dapat memperlambat penuaan pada alis. Juga menggunakan serum atau conditioner dengan tujuan melebatkan alis mata yang mengandung peptide dan vitamin E.

Beberapa dermatologis juga menyarankan untuk menggunakan sunscreen disekitar alis mata, untuk mengngkat UVA yang merusak folikel rambut.

Karena alis merupakan penunjang penampilan, maka melakukan perawatan profesional untuk alis disarankan oleh beberapa dermatologis.

"Setelah melakukan diagnosis, biasanya akan dijelaskan perawatan khusus apa yang cocok dengan permasalahan di alis tersebut," kata Mack menutup pembicaraan. 

Editor


Komentar
Banner
Banner