Kalsel

Alhamdulillah, Banjir di Desa Kintapura Kintap Kabupaten Tala Berangsur Surut

apahabar.com, PELAIHARI – Debit air yang merendam 424 pemukiman Warga Desa Kintapura, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah…

Featured-Image
BPBD Tanah Laut menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Desa Kitapura, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tala. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Debit air yang merendam 424 pemukiman Warga Desa Kintapura, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut (Tala), berangsur-angsur surut, seiring cuaca mulai cerah.

“Hingga sore ini air sudah mulai turun. Penurunannya cukup signifikan sekitar 25 senti meter. Jalanan juga mulai terlihat,” kata Kepala Desa Kintapura, Husaini kepada Apahabar.com, Kamis (03/09) sore.

Sejumlah warga di 5 RT Desa Kintapura juga telah melakukan bersih-bersih rumah masing-masing.

Selain air turun, bantuan juga datang dari sejumlah perusahaan. Antara lain dari PT Arutmin Kintap dan juga dari owner PT Cahaya Marhan Naya (CMN) H Muhammad Noor atau yang akrab disapa H Nurdin.

“Ada ratusan paket sembako yang salurkan langsung ke warga terdampak bencana banjir akibat derasnya hujan,” katanya.

Bantuan paket sembako kami bagi menggunakan perahu karet bersama tim BPBD, Tagana dibantu TNI dan Kepolisian Polsek Kintap.

Seperti diberitakan sebelumnya Desa Kintapura, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tala dilanda banjir.

Banjir akibat hujan turun sangat lebat, sejak pukul 03.00 wita hingga pagi hari.

Akibatnya pemukiman warga di 5 RT desa itu terendam. Di antaranya RT 04, 06, 07, 08 dan 09.

Total sebanyak 424 rumah terendam. “Terbanyak di RT 04 sebanyak 130 rumah terendam, kemudian RT 08 ada 111 rumah terendam, dan RT 09 terdapat 98 rumah terendam,” ujarnya.

Kendati demikian warga tidak mengungsi. Mereka memilih bertahan di rumah masing-masing sembari menunggu air surut.

Sejumlah alat transportasi air disiagakan oleh BPBD, Tagana dan Muspika setempat di lokasi untuk mengevakuasi warga jika air semakin tinggi.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner