Sport

Alasan Barito Putera Tunjuk Rodney Goncalves Jadi Pelatih Meski Baru di Liga 1

apahabar.com, BANJARMASIN – Rodney Goncalves resmi ditunjuk sebagai juru taktik Barito Putera menggantikan Dejan Antonic di…

Featured-Image
CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, memperkenalkan Rodney Gonçalves sebagai pelatih baru pengganti Dejan Antonic. Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, BANJARMASIN – Rodney Goncalves resmi ditunjuk sebagai juru taktik Barito Putera menggantikan Dejan Antonic di Liga 1 2022/2023.

Proses penandatangan kontrak Rodney Goncalves berlangsung di kediaman CEO Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman di Jakarta, Kamis (22/9) dini hari.

Rodney Goncalves bakal menjalin kerja sama hingga akhir musim 2022. Misinya membawa Barito Putera ke posisi yang lebih baik di klasemen Liga 1.

“Alhamdulillah sudah sesuai yang kita harapkan dan kita berharap hasilnya juga sesuai dengan harapan kita,” kata Hasnuryadi.

“Yang penting kita sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kalimantan Selatan yang kita cintai,” imbuh Hasnuryadi.

Menangani Barito Putera, merupakan pengalaman perdana Rodney Goncalves mengarungi kompetisi di Indonesia.

Kendati begitu, nampaknya manajemen Laskar Antasari tak takut gagal.

Lantas apa alasan penunjuk pelatih asal Brasil ini? Menurut Hasnur, penunjukan ini dari hasil analisa manajemen.

Manajemen menilai Rodney Goncalves pilihan tepat dan mampu memahami dengan karakter tim yang berjiwa Wasaka.

“Dari sekian pelatih yang kami analisa, saya yakin coach Rodney cocok untuk tim, karena apa yang menjadi kriteria selama ini kami harapkan ada di coach Rodney,” bebernya.

Tugas berat kini dipikul Rodney untuk bisa mendongkrak posisi Barito Putera yang saat ini masih berada di zona merah.

“Kami ingin yang terbaik untuk Barito Putera. Dan tentunya juga ingin menjalin kerjasama yang lama dengan coach Rodney, membangun tim dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

“Mudah-mudahan juga pelatih baru bisa sesuai dengan budaya kita selama ini,” harapnya.

Melihat di laman transfermarkt, Rodney Goncalves memulai debut kepelatihannya bersama tim yang bermain di Campeonato Carloca Serie B1 Brazil, Duque de Caxias.

Namun perjalanan bersama Duque de Caxias terbilang seumur jagung, karena hanya bertahan selama 136 hari atau dari 9 April hingga 26 Agustus 2009.

Dalam periode itu, 20 laga dilewatinya. Hasilnya, Rodney memperoleh 6 kemenangan, 5 imbang dan 9 kekalahan.

Kemudian, sejak Januari 2022, Rodney Goncalves melatih di klub Amazonas FC yang bermain di Campeonato Carloca Serie Serie C atau divisi 3 Liga Brazil.

Pun demikian, masa kepelatihannya di klub tersebut juga terbilang singkat. Hanya 11 pertandingan dari bulan Januari hingga April 2022. Dari semua laga yang dijalani, Rodney berhasil menorehkan 5 kemenangan, 3 imbang dan 3 kekalahan.

Sementara itu, dari situs playmakerstats, Rodney Goncalves sejatinya telah menjadi asisten pelatih sejak 1999, kala ia dipercaya mendampingi pelatih Guilherme Dalla Déa di Timnas Brazil U-17.

Setahun kemudian, Rodney Goncalves menduduki jabatan yang sama di Timnas Jamaika U-20 dan Panama U-20.

Pengalaman ini yang membuat pria kelahiran 12 Januari 1979 itu dipercaya untuk melatih Vasco da Gama U-13, U-17 dan U-20.

Rodney sempat juga dipercaya menjabat asisten pelatih Goias pada 2018, disusul Chapecoense dan Cruzeiro di Serie B Liga Brazil hingga pertengahan 2020.

Usai meninggalkan kursi pelatih Amazonas FC, Rodney menjadi asisten pelatih Timnas El Savador U-20 semenjak Mei 2022, sebelum akhirnya direkrut Barito Putera.

Here We Go! Perkenalkan Pelatih Baru Barito Putera: Rodney Goncalves



Komentar
Banner
Banner