Sport

Akhiri Drama Pencabutan Status Tuan Rumah, FIFA Resmi Umumkan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Mendapatkan kesempatan kedua dari FIFA, Indonesia akhirnya resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Featured-Image
FIFA Resmi tunjuk Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U17, Jum'at (23/6). (Foto: IG/FIFA)

bakabar.com, BANJARMASIN - Mendapatkan kesempatan kedua dari FIFA, Indonesia akhirnya resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 diumumkan di laman resmi FIFA pada Jumat (23/6/2023) malam WIB. Dalam rilis sama, FIFA juga menyebutkan negara-negara lain yang akan menjadi tuan rumah berbagai turnamen FIFA.

"Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U20 2024, Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U17 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024," demikian pernyataan resmi FIFA.

Baca Juga: Daftar Peserta Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, Tidak Ada Israel

Selain itu, dilansir dari cnn, dalam turnamen tersebut Israel dipastikan tidak tampil karena tidak lolos kualifikasi.

Israel yang berlaga di zona UEFA gagal lolos ke Piala Eropa U-17 2023 yang juga jadi kualifikasi Piala Dunia u-17 2023. Lantaran mereka tak tampil di Piala Eropa U-17 2023, peluang mereka untuk melaju ke Piala Dunia U-17 2023 menjadi tertutup.

Dalam kualifikasi menuju Piala Eropa U-17, Israel sempat berhasil lolos ke elite round. Namun di babak elite round, Israel tidak bisa bersaing dengan Serbia, Bosnia Herzegovina, dan Belarusia sehingga harus puas jadi juru kunci.

Ratapan atas kegagalan menggelar Piala Dunia U-20 2023 sepertinya akan terhenti setelah FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang kemungkinan dilaksanakan pada akhir tahun ini.

Sebelumnya Peru merupakan negara yang berhak menggelar Piala Dunia U-17. Namun FIFA mencabut hak itu dengan alasan infrastruktur di negara tersebut tidak memenuhi standar kelayakan untuk menggelar ajang sebesar Piala Dunia.

Oleh karena itu, FIFA selaku pemegang otoritas tertinggi sepak bola dunia mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 setelah berdiskusi dengan pemerintah negara Amerika Selatan tersebut.

Kini, FIFA menyerahkan kepercayaan tersebut kepada Indonesia yang sebelumnya juga pernah melalui drama pencabutan status tuan rumah.

Keputusan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dilakukan dalam rapat Dewan FIFA, Jumat (23/6). Rapat ini membahas penunjukan tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2025, proses pengajuan penawaran Piala Dunia 2030, hingga tuan rumah kongres dan turnamen di bawah naungan FIFA.

Sementara itu, ketua umum PSSI Erick Thohir bersyukur Dewan FIFA telah mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Namun Erick mengaku belum menerima surat resmi dari FIFA.

“Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam [WIB] di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Erick dikutip laman resmi PSSI.

“Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepakbola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA.”

“Kemudian perhelatan dua FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina yang sukses dan menyita perhatian FIFA, serta sepakbola internasional menjadi alasannya. Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan.”

Editor


Komentar
Banner
Banner