Ajarkan Anak Konsep Uang

Ajarkan Anak Konsep Uang: Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Mengenalkan konsep uang perlu diajarkan sejak dini pada anak-anak. Ajarkan anak membeli barang prioritas dan penting sebagai kebutuhan.

Featured-Image
Anak perlu diajarkan konsep uang sejak dini. Sumber: Huffington Post.

bakabar.com, JAKARTA - Mengenalkan konsep uang perlu diajarkan sejak dini pada anak-anak. Ajarkan anak membeli barang prioritas dan penting sebagai kebutuhan.

Hal tersebut disampaikan oleh psikolog Alsi Mega Marsha Tengker atau dikenal sebagai Caca Tengker. Caca yang juga seorang influencer itu mengajak orang tua untuk mengenalkan anak bagaimana mengelola keuangan sejak dini.

Caca memperkenalkan cara mengelola keuangan kepada dua anaknya dengan cara yang mudah. Ia menjelaskan mana barang yang berguna dan menjadi prioritas untuk dibeli lebih dulu. Dengan cerita seperti itu anak akan memahami dasar literasi finansial, yaitu bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

"Anak tak bisa diberikan pengertian soal konsep value of money, karena konsep tak dapat dipegang atau dilihat secara langsung," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Selasa (25/7).

Baca Juga: Hati-hati, Memaksa Anak Berpengaruh Buruk pada Kesehatan Mentalnya

Selain mengajarkan, menurut Caca, orang tua harus menjadi role model atau contoh nyata buat anak-anaknya. Orang tua harus juga belajar untuk tidak belanja secara impulsif.

"Kalau orang tua mau mengajarkan tidak 'lapar mata' ketika di mall atau melihat konten internet, maka orang tua juga wajib mencontohkan," ujarnya menambahkan.

Pengenalan habit finansial sejak dini kepada anak akan memberi pengaruh pada sifat dan tingkah laku anak-anaknya ketika dewasa kelak.

“Saya percaya dengan memberikan pengetahuan dengan benar, kita bisa membantu anak-anak menjadi mengerti bagaimana untuk mendapatkan sesuatu pasti perlu uang dan tidak bisa terus menerus mengikuti kemauannya, jadi anak lebih bisa bijak dalam mengelola uang, mereka juga jadi bisa ngebedain need vs want,” ujar Caca Tengker.

Editor


Komentar
Banner
Banner